D FM, 16 Juni 2015

Diwawancara oleh radio D FM tentang manfaat bermain gadget :

Sejak kemunculan gadget, berbagai penelitian telah dilakukan untuk meneliti efeknya. Dan..banyak sekali hasil yang menemukan efek negatif dari bermain gadget ini.

Namun beberapa tahun belakangan, mulailah ada peneliti yang berpikir, masa sih hanya efek negatifnya saja yang ditimbulkan gadget. Dan..ternyata ditemukan ada kok manfaat positifnya.

Misalnya, permainan seperti The Sims yang dapat mengasah kemampuan sosial anak (misalnya anak menjalani simulasi kehidupan orang dewasa sehingga dapat membayangkan seperti apa hidup orang dewasa itu nantinya), dan kemampuan pengambilan keputusan (misalnya : menentukan ingin rumahnya seperti apa). Games seperti Angry Bird juga ternyata dapat mengasah kemampuan persepsi visual anak.

Dan ada banyak manfaat lainnya dari gadget.

Namun, tetap perlu diingat. Disamping sisi positif, ada sisi negatifnya juga yang perlu dilihat. Untuk meminimalisir sisi negatif ini, maka beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua :

1. Memberikan pembatasan jam bermain pada anak. Maksimal 2 jam per hari. Itu pun tidak terus-menerus, namun diselingi dengan berbagai aktivitas fisik atau bermain.

2. Orang tua mendampingi anak saat bermain.

3. Orang tua memberikan permainan yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Misalnya, untuk anak usia prasekolah yang masih sulit membedakan kenyataan dan khayalan, sebaiknya tidak diberikan games seperti GTA, yang memperbolehkan mencuri dari orang lain.

4. Orang tua memastikan anak dapat membedakan antara games dan realita. Jangan sampai anak mengaplikasikan hal-hal yang buruk di games ke dalam kehidupan nyata.

Di atas itu semua, walaupun memberikan beberapa dampak positif, saya masih menyarankan untuk mengutamakan bermain secara natural (bukan dengan gadget atau electronic games). Karena banyak keuntungan yang didapatkan dari gadget yang masih bisa didapatkan dari bermain secara natural kok 😊😊😊😊

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s