Mini Workshop : membuat cerita anak

11059711_10153390044109683_6370048083669239959_n
Banyak orang tua di Indonesia yang masih kesulitan mencari buku bacaan yang pas dengan kebutuhannya. Misalnya saja, saya baru saja mendapatkan pesan yang menyentuh dari orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan anaknya sekarang sedang belajar potty training. Ia berusaha mencari buku, namun belum menemukan buku yang pas. Ia pun akhirnya ingin membuat buku tentang potty training yang pas untuk anaknya, dan menghubungi saya. Sayangnya, buku custom yang dibuat oleh Rabbit Hole pun mensyaratkan minimal pemesanan 30 buah. Jika tidak, maka akan mahal sekali biayanya.

Setelah membalas pesannya, saya berpikir bahwa orang tua merupakan orang yang paling kenal dengan anaknya. Tentu jika ia membuat buku yang khusus untuk anaknya, akan luar biasa sekali isinya. Akan sangat pas dengan apa yang dibutuhkan dengan anaknya. Salah seorang orang tua yang sukses membuat buku untuk anaknya adalah Dallas Clayton. Tadinya, ia hanya ingin membuat buku berisikan pesan untuk anaknya. Namun sekarang bukunya justru booming dan ia menjadi salah satu penulis best seller.

Itu salah satu contoh yang membuat saya yakin bahwa orang tua sangat bisa membuat cerita untuk anaknya. Lalu apa masalahnya?

Ada yang bilang ‘aku gak bisa nulis‘ ‘aku gak kreatif‘, dst.

Namun mungkin masalahnya sebenarnya adalah : kurangnya latihan. Untuk dapat membuat cerita, kita perlu berlatih..berlatih..berlatih.

Namun bagaimana caranya? Menyisihkan waktu untuk diri sendiri saja sudah sulit, bagaimana latihannya?

Nah.. ada cara yang mudah untuk berlatih membuat cerita, yaitu dengan bermain. Hal tersebut membuat satu kali dayung, dua pulau terlampaui. Membuat ceritanya dapat, begitu juga waktu berkualitas dengan bermain bersama anaknya terpenuhi.

Tapi sayangnya, belum banyak orang yang tahu. Nah, oleh karena itu, tanggal 9 Mei kemarin, Rabbit Hole membuat mini workshop : membuat cerita anak di Rimba Baca.

Ada 5 kegiatan yang kami lakukan kemarin (sebenarnya sudah menyiapkan lebih, namun karena keterbatasan waktu jadi hanya bisa 5 saat itu).

Saya share 2 kegiatan diantaranya secara singkat ya, yaitu :

1. Bola bercerita
Selain melatih bercerita, kegiatan pertama ini juga untuk pemanasan sekaligus perkenalan antar peserta. Orang yang mendapat bola harus membuat cerita dengan adanya unsur namanya di dalam cerita. Setelah itu ia akan melempar bola ke peserta lain, peserta yang lain harus meneruskan cerita yang ada unsur namanya di dalamnya. Begitu seterusnya sampai semua peserta mendapatkan giliran.

Jika dilakukan bersama anak akan ada banyak manfaatnya. Beberapa diantaranya : melatih perbendaharaan kata anak, melatih memori / ingatan anak, melatih logika berpikir anak, dan anak merasa pendapatnya berharga dan diterima oleh orang lain (apa yang ia katakan akan menjadi penyambung cerita bagi peserta selanjutnya).
CEu3xRVUMAICGzC
2. Binatangku
Peserta mengambil salah satu boneka binatang yang disediakan, lalu berpasang-pasangan dan membuat cerita bersama bagaimana jika binatang milik mereka tersebut bertemu, dan bagaimanakah cara mereka bertemu.
11139781_490783391077488_6880677563346040330_n
CEu3xRWUMAAtcu6

 

Di setiap akhri dari sesi, kami selalu berdiskusi dan share pengalaman apa yang dirasakan saat memainkan permainan itu dan apa manfaatnya kira-kira jika dimainkan bersama anak.

Pesertanya sangat seru-seru dan kreatif! Senang jadinya πŸ™‚ Suasananya menjadi sangat hidup dan pastinya sepanjang workshop tidak berhenti kami tertawa-tawa.

Semoga setelah workshop jadi punya stock cerita untuk diceritakan ke anak ya πŸ™‚

Eh ya saat pulang, para peserta juga diberikan wayang cilukba sebagai tambahan media bercerita bersama anak. Hore!
10421953_491186004370560_2249200165355768845_n

Oh ya, workshop ini untuk orang dewasa, nah anak-anak kecilnya dapat mendengarkan dongeng di lantai bawah bersama komunitas ‘Ayo Dongeng Indonesia’. Senang sekali rasanya bekerja sama dengan komunitas yang kami dukung penuh kegiatannya ini.
CEFDjNOUEAAhUeR.jpg-large

Sampai bertemu di acara selanjutnya πŸ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s