Bella dan Balon Merah

CF_ld5lUgAAxscu

Untuk anak usia : 3-7 tahun

Spesifikasi :

Soft cover, 23 x 19 cm (portrait), art cartoon 210 gr

Isi dalam : art paper 150 gr, 24 halaman

Rp. 25.000

**

Buku, dapat menjadi salah satu sarana mengasah empati pada anak. Itulah ide awal dari pembuatan buku ‘Bella dan Balon Merah’.

Buku ini menceritakan petualangan Bella mencari balonnya yang hilang. Balon, yang didapatkan dari badut saat ia merayakan ulang tahunnya yang kelima. Saat mencari balon, ia melihat balonnya membuat keluarga Beruang yang tadinya sedih menjadi senang kembali. Bella bingung, apakah ia harus memberi tahu keluarga Beruang jika itu adalah balonnya? Apa yang terjadi sampai balon bisa membuat keluarga beruang tersenyum ya?
Setelah membaca buku ini, diharapkan ada beberapa manfaat yang didapatkan anak yaitu :

1. Mengasah kemampuan pengenalan emosi, empati, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan anak.

Anak akan dihadapkan dengan persoalan bahwa balon yang dimiliki Bella memberikan manfaat bagi orang lain. Haruskah ia merelakan balonnya untuk beruang atau mengambilnya kembali? Dalam adegan ini, anak akan mengasah empat kemampuannya sekaligus, yaitu : kemampuan pengenalan emosi, empati, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Orang tua dapat membantu, misalnya dengan mendorong anak untuk memilih pilihan di halaman 17 ini. Setelah anak memilih, orang tua juga dapat mendorong anak mengungkapkan alasannya mengapa memilih salah satu pilihan. Beri juga pujian karena anak dapat memilih salah satu dari kedua pilihan.

Tapi.. kalau anak tidak mau menjawab, jangan dipaksakan ya. Mungkin saja memang ia sedang tidak mau, sehingga tidak perlu dipaksakan. Lebih penting membuat suasana membaca menyenangkan kan, dibandingkan anak harus tepat melakukan semua instruksi yang ada di buku 🙂 Oh ya, jika anak sedang tidak mau, maka orang tua dapat mengatakan ‘Oke, sekarang ayah yang pilih dulu ya. Besok kalau baca lagi, kakak yang pilih ya. Kita gantian‘ (jadi tidak perlu mati kutu dan anak pun akan belajar konsep bergantian).

CEIl8nCVEAEv3Ks
Orang tua juga dapat membantu anak mengenal emosi dengan mengeksplorasi apa yang dirasakan Bella saat meminta balon, keluarga beruang saat balonnya diminta Bella, dst. Orang tua dapat memancing hal ini melalui pertanyaan : ‘kalau adik jadi beruang kira-kira apa yang adik rasakan ya?‘.

2. Anak dapat mengenal konsep pra-akademis, seperti pengenalan warna lewat balon-balon milik Bella.

CEIoIRiUUAAuia5.jpg-large

Anak yang lebih kecil juga dapat menarik garis dan menempel dengan berbagai aktivitas yang ada di dalam buku ini.

CEIoRgkVAAAc2Gl.jpg-large

3. Dan.. seperti buku-buku pada umumnya, anak dapat meningkatkan perbendaharaan kata dan bersenang-senang bersama orang tua dengan membaca buku ini.

 

Selamat membaca Ayah, Ibu, dan si kecil 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s