Liburan Terbaik

IMG_3752
Untuk anak usia : 3-7 tahun
Spesifikasi buku :

Hard cover, 26 x 21 cm (landscape)
Isi dalam : art cartoon 210 gr, 28 halaman.
9 halaman flap / buka tutup
3 halaman pop-up
6 buah kartu pos (bahan : ivory)

Rp. 150.000
Kartu pos saja : Rp. 3.000/pcs

**

“Liburan mau kemana?”

Indonesia menawarkan banyak sekali tempat berlibur dengan keunikannya masing-masing. Namun, masih banyak yang belum mengetahui akan hal ini.
Hal itulah yang menggerakkan Rabbit Hole membuat buku ‘Liburan Terbaik’. Agar banyak anak yang tertarik mengeksplorasi berbagai daerah di Indonesia.
IMG_3776
‘Liburan Terbaik’ bercerita tentang seorang anak yang diberikan pilihan berlibur oleh ayahnya. Ingin ke Toraja atau ke Jailolo. Setiap tempat yang dipilihnya akan menawarkan kejutan yang luar biasa! Misalnya, jika memilih ke Toraja, akan berkenalan dengan permainan tembak-tembak bau, tau-tau, dan upacara Rambu Solo. Sedangkan kalau ke Jailolo, anak dapat berkenalan dengan Nasi Lapola dan Festival Teluk Jailolo.
Apa manfaat dari membaca buku ‘Liburan Terbaik’ ini?
1. Mengenal beberapa tempat di Indonesia, beserta hal yang unik darinya. Misalnya saja Festival Teluk Jailolo yang panggungnya ada di atas lautan. Sesuatu yang tidak dapat dilihat di tempat lain. Atau upacara Rambu Solo, yang disebut juga upacara penyempurnaan kematian khas Suku Toraja, dan ramai dikunjungi turis asing.
2. Membantu anak-anak (terutama di usia 3-7 tahun) yang masih dalam tahap kongkrit untuk lebih mengenal Indonesia. Misalnya saja dengan gambar peta Indonesia
10452422_10153387648314683_8498772553599126709_n
Halaman flap / buka tutup
CEC9SZuUIAA3g1L
dan yang terpenting adalah halaman pop-up, sehingga anak-anak benar-benar dapat memvisualisasikan secara nyata berbagai hal yang akan ia lihat jika berlibur di Toraja atau Jailolo.
CDFTCCBUgAMUM27.jpg-large
3. ‘Liburan Terbaik’ termasuk dalam rangkaian seri ‘Mengenal huruf secara menyenangkan’ (bersama dengan buku ‘Asal Mula Namaku’). Jadi tentu saja, buku ini dapat membantu anak mengenal berbagai huruf dengan cara yang menyenangkan.
Misalnya, melalui titik air hujan yang membentuk suatu huruf, pasir yang dapat dibentuk-bentuk menjadi rangkaian huruf, dan hewan yang bentuknya menyerupai huruf (misalnya keong yang seperti huruf Q).
Huruf yang ada di dalam buku ini tersaji dalam halaman buku tutup. Misalnya gambar keong yang kalau dibuka, maka akan muncul huruf Q, sehingga anak lebih tertarik dan lebih mudah mengingat huruf-huruf ini.
11206110_10153387648379683_6834735423745650142_n
Selain itu, kami berharap, hal-hal ini dapat menjadi ide untuk orang tua dapat mengenalkan anak akan huruf dengan memanfaatkan berbagai hal yang ada di sekitar / di alam, seperti titik hujan, pasir, dst.
Anak juga dapat mengenal warna melalui halaman pelangi.
 11218756_10153387648349683_5342098935702819007_n
4. Seperti buku Rabbit Hole yang lain, anak dapat mengasah kemampuan pengambilan keputusannya melalui buku ini. Yaitu dengan memilih satu dari dua pilihan yang disediakan. Ingin berlibur ke Toraja atau Jailolo.
Saat membacakan halaman ini, orang tua dapat mendorong anak untuk menjawab. Misalnya dengan mengatakan secara antusias ‘Oke kakak pilih pergi ke Jailolo. Ayo kita segera meluncur ke sana, kak!’. Anak akan merasa pilihannya dihargai orang tua dan komunikasi orang tua – anak pun terjalin.
CEC_UdmVEAAj6nw
5. Buku ini dapat menjadi jembatan untuk orang tua berbicara mengenai topik yang sensitif, seperti kematian. Setelah membaca mengenai Upacara Rambu Solo, orang tua dapat membahas mengenai kematian bersama anak. Apa saja, bagaimana & kenapa upacara kematian bisa berbeda-beda di setiap budaya atau agama (tentunya disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak ya). Anak pun dapat mengenal keanekaragaman sedari kecil, dan diharapkan dapat menghargai budaya / paham lain sejak dini.
 CEC_7JUUgAAdW8k.jpg-large
6. Buku ini juga dapat menjadi jembatan untuk membahas berbagai topik lain. Misalnya saja berbagai permainan tradisional di Indonesia (melalui halaman tembak-tembak bau. Bahkan orang tua juga dapat mengajak anak bermain berbagai permainan tradisional setelahnya. Lebih baik dibandingkan bermain gadget seharian bukan? 🙂 ).
Orang tua juga dapat membahas topik mengenai makanan tradisional di Indonesia (melalui halaman Nasi Lapola), serta banyaknya bahasan lainnya.
CEDAabJUIAABKOV.jpg-large
7. Melatih anak untuk tidak hanya membaca, namun mengutarakan pemikiran atau menuliskan pemikirannya. Melalui halaman terakhir buku ini, yaitu anak diminta untuk menuliskan (atau mengatakan) liburan terbaik versinya (setelah sudah mendengarkan liburan terbaik versi tokoh aku di buku ini).
Orang tua dapat mendorong anak untuk mengutarakan pendapat dengan memuji usahanya, dan juga antusias serta menanggapi saat anak bercerita tentang liburan terbaik versinya.
 28
8. Melatih anak untuk bersosialisasi. Di dalam buku ini, kami memberikan bonus kartu pos. Untuk apa? Agar anak dapat menceritakan tentang liburan terbaik versinya di dalam kartu pos. Bisa benar-benar ia kirimkan ke orang lain (teman atau saudara) atau dituliskan dan dibacakan di depan ayah dan ibunya. Jika dikirimkan ke orang lain, tentu akan ada manfaatnya juga, yaitu melatih anak bersosialisasi melalui media konvensional. Melatih anak untuk menunggu beberapa hari sebelum surat sampai ke orang yang ingin ia kirimkan (dan atau mendapatkan balasan lagi). Melatih anak untuk bersabar di jaman yang serba terburu-buru dan instant ini.
 11182276_10153387648434683_7664307191815886352_n
9. Orang tua dapat menyesuaikan membaca buku ini sesuai dengan kemampuan & usia perkembangan anak. Tulisan panjang yang merupakan keterangan dari berbagai kata yang jarang terdengar (seperti : Rambu Solo) sengaja ditutup dengan halama flap atau ditaruh di bagian paling bawah dari halaman. Hal tersebut agar anak yang baru mengenal kata dapat membaca dengan kalimat singkat. Jika sudah lebih besar, atau tertarik tahu lebih dalam, maka dapat membuka halaman flap yang disediakan.
 CEDw6XpUkAETY1-
10. Walaupun buku ini ditujukan untuk anak berusia 3-7 tahun, namun dari uji keterbacaan yang kami berikan. Seluruh orang dewasa tidak tahu sebagian (atau malah seluruh) tempat, kegiatan, dan istilah yang ada di dalam buku ini. Seperti pernahkah kamu mendengar Tau-tau atau Rambu Solo? Jadi ya.. buku ini juga ditujukan untuk seluruh kalangan dan seluruh usia yang ingin mengenal lebih jauh tentang Indonesia.
11. Membantu anak-anak lain untuk turut membantu membaca buku ini, karena setiap 20 buku ‘Liburan Terbaik’ yang terjual, maka 1 buku akan didonasikan untuk rumah baca.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s