26 Februari 2015

Saya baru saja diberikan umpan balik oleh profesor saya di Amerika. Setelah itu baru menyadari betapanya berbedanya dengan umpan balik yang sama terima saat kuliah di Indonesia dulu.
Profesor saya ini bisa banget memberikan umpan balik atas kelemahan, tanpa saya merasa dodol dan nista. Misalnya saja saat di beberapa kesempatan saya terlihat membutuhkan waktu berpikir beberapa saat untuk menemukan padanan kata dalam bahasa Inggris yang pas untuk mewakili apa yang ingin saya katakan. Ia gak mencela saya, justru mengatakan rasa terimakasihnya karena saya sudah mau bersusah payah berbahasa Inggris meskipun bahasa Inggris adalah bahasa kedua saya. Ia bahkan senang saat saya tetap tenang dan sesekali tertawa saat menghadapi kesulitan berbahasa Inggris itu. Dari situ terlihat bahwa jika ada hal yang perlu saya perbaiki, ia dapat memberitahu dengan jelas disebelah mananya, dengan kalimat penguatan yang positif. Jika ada hal yang baik pun, diberitahu secara detail, sehingga kitanya jadi tahu apa yang sudah baik dari kita.
Dan itu berbeda 180 derajat dengan yang terjadi saat di Indonesia. Gak bermaksud menggeneralisir, tapi.. rasanya kesalahan kecil yang saya lakukan (ya namanya juga belajar bok!) tuh nista dan gak bisa ditolerir banget. Pada akhirnya, saya pernah ada di satu titik yang saya udah gak tahu lagi saya salah dimana, tapi rasanya saya salah terus. Saya sampai nangis dan sudah mau nyerah mengerjakan tugas akhir saya kala itu karena gak jelas apa yang salah dan apa yang sebenarnya diharapkan di saya untuk diperbaiki.
Gak tahu sih sayanya saja yang lebay atau gimana. Tapi kalau sistemnya begini terus. Gimana para pelajar betah bersekolah? Mau mengeksplorasi dan mengupgrade diri?
Bersyukur karena ya menemukan bahwa sistem pendidikan yang mencerahkan. Walaupun gak di dapat di negeri tercinta.
#365HariBersyukur
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s