24 Februari 2015

Pemikiran random hari ini adalah : kenapa ikan duyung hanya digambarkan perempuan saja ya? Memangnya gak ada ikan duyung laki-laki? Jadi mikir, seru juga kali ya kalau buat kisah tentang ikan duyung laki-laki yang mendambakan kekasih perempuan di daratan. Hehe.
Terus saya jadi ingat kalau dulu pernah pengen banget lihat putri duyung karena kisahnya yang paling tragis (dan satu-satunya yang gak happy ending, seingat saya) diantara kisah princess lainnya. Lalu suatu hari saya pergi ke Sea World (atau kebun binatang mana gitu) dan diberi tahu kalau disana akan ada ikan duyung. Saya senang banget! Pertama pada fakta bahwa ternyata ikan duyung beneran ada. Kedua karena akhirnya impian saya terkabul. Ealah, ternyata ikan duyung penamapakannya seperti itu. Beda banget dengan apa yang ada di pikiran saya. Gak jelek. Gak buruk. Cuman ya.. berbeda saja dengan yang saya bayangkan.
Dari situ saya belajar bahwa saat kita sedang membayangkan sesuatu, sadar gak sadar, kita suka melebihkan (atau mengurangi) bayangan kita akan suatu hal.
Begitu pula dalam mengingat sesuatu. Walaupun kita sudah pernah melihatnya, tapi ita sering kali membumbui dengan interpretas kita. Akhirnya kita jadi gak objektif dengan fakta yang kita lihat sendiri. Akhirnya walaupun hal yang dilihat oleh dua orang sama, bisa saja yang disampaikan akhirnya berbeda. Interpretasi mengarahkan otak kita menjadi gak objektif.
Lucu deh manusia.
#365HariBersyukur
Tinggalkan Balasan

