16 Februari 2015

image1

Saat pertama kali masuk ke psikologi, saya kagum dengan psikoanalisis. Rasanya seru dan canggih melihat psikolog bisa mengetahui kepribadian orang lain lewat simbol, mimpi, atau gambar seseorang. Sehingga gak salah juga kalau ada orang lain yang nanya jurusan, dijawab ‘psikologi, dan direspon balik dengan : bisa ‘baca’ gw dong!. Saat saya mengambil S2 saya pun mulai diajari dengan berbagai alat tes yang basisnya psikoanalis itu, seperti mengintepretasi kepribadian orang lain lewat gambar orang, rumah, dan gambar-gambar lain yang dibuat orang tersebut Tapi.. semakin lama belajar. Rasanya kok gak sreg ya. Rasanya salah saja. Sehingga saat saya sudah resmi menjadi psikolog, saya pun sama sekali gak memakai alat tes itu. Rasanya gak adil itu saya bilang si x punya kepribadian blablabla sementara saya sendiri gak yakin dengan hal itu. 

Lalu perlahan saya menemukan bahwa di luar negeri sendiri, alat tes jenis ini tidak diakui oleh pengadilan. Jadi misalnya ada tersangka atau korban yang dites oleh psikolog dan psikolognya memakai alat tes ini, maka gak dianggap sah. 

Dan hari ini lebih bahagia lagi saat membaca buku yang mengatakan bahwa : ‘If we are willing to follow the path with others leading the way, we can learn much from those we follow. If we insist on leading the way, by analyzing, interpreting and inflicting our meaning, there is no offer of hope or help. It is only a statement of disrespect and implies that other people do not possibly have the wisdom or resources to find their own meanings” (Barnes) 
Ya siapalah kita mengintrepretasi orang lain seperti apa. Itu kayak menginjak-injak hak orang lain. Kita mah hanya bisa menyediakan wadah ideal untuk mereka berkembang dan menemukan diri mereka untuk berkembang (seperti yang pernah aku bahas sebelumnya). Yeiyy! 

#365HariBersyukur 

*hari ini dikasih kartu pos dari Denok yeiy!!*

Tinggalkan Balasan

