15 Februari 2015

IMG_2128
15 Februari 2015,

Kadang kita berusaha keras menghindari rasa sakit dan rasa tidak menyenangkan. Tapi.. mengapa tidak kita resapi saja? Menerima rasa sakit itu, sehingga ketika ia datang lagi kita lebih siap menerimanya. Karena gak ada seorang pun yang dapat menghindari rasa itu.

Waktu itu salah satu gigi Hashfi (adik saya) copot saat ia sedang makan. Dengan nada bergetar, ia bertanya apakah ada darahnya? Agar tidak menangis, orang tua saya mengatakan bahwa tidak ada darah yang keluar. Beberapa jam setelahnya, saya katakan bahwa sebenarnya tadi ia mengeluarkan darah. Lalu saya terangkan tentang alasan darah pasti keluar saat gigi tercabut, dan juga alasan orang tua saya mengatakan tidak ada darah yang keluar (agar ia tidak menangis). Hari ini, salah satu gigi Hashfi ada yang copot. Setelahnya Hashfi ditanya apakah tadi berdarah? Saya cukup terkejut dengan reaksi dan jawaban Hashfi. Ia dengan tenang menjawab bahwa ada darahnya tapi ga sakit kok.

Dari situ saya belajar, bahwa ketika sakit dan rasa tidak menyenangkan itu sudah disiapkan, akan membuat kita lebih siap untuk menghadapinya. Coba kalau Hashfi tidak diberitahu tentang fakta bahwa darah pasti akan keluar saat gigi tercabut. Mungkin pada saatnya ia sadar ada darah yang keluar saat giginya copot, ia akan takut saat melihatnya. Karena ia tidak mempersiapkan hal tersebut terjadi.

Itu baru hal-hal sederhana. Tapi sebenarnya berlaku juga pada bagaimana anak menghadapi kematian atau perceraian. Sehingga cukup membingungkan ketika ada pasangan yang gak memberitahu perceraian mereka pada anaknya dengan alasan ‘melindungi’ dan ‘menyayangi’ si anak, padahal justru membuat efek negatif pada anak bertambah. Ah ya mungkin mereka belum tahu.

*dikasih rambutan langsung dari pohonnya, sesuatu yang jarang terjadi di kota besar ya*

#365HariBersyukur

Tinggalkan Balasan

