12 Februari 2015

IMG_0499

12 Februari 2015,
Membuat buku anak itu berarti melatih menekan ego. 

Berbeda dengan membuat buku untuk orang dewasa (seperti novel), yang sepertinya salah satu kesulitannya adalah untuk memperpanjang ide, membuat buku anak berbeda 180 derajat dari itu. Ketika para penulis novel dewasa mengalami buntu ide dan gak tahu lagi mau nulis apa, penulis buku anak justru harus mengerem diri untuk gak berpanjang-panjang kata. 

Saya baru sadar bahwa membuat buku anak berarti melatih diri mengerem hawa nafsu untuk tidak mengumbar semua info yang kita tahu. Bukan berarti info yang kita miliki dangkal. tetapi harus bisa untuk memilah info paling penting yang perlu dimiliki seorang anak yang rentang atensinya masih pendek itu. Meramu kata agar bahasanya mudah dicerna untuk anak. Membuatnya sederhana tapi bukan remeh temeh. Itu adalah kemampuan-kemampuan yang sungguh sulit. Seperti yang pernah dikatakan seseorang, bahwa orang yang pintar bukanlah orang yang dapat menjelaskan dengan panjang dan lebar, tapi yang bisa menjelaskan dengan ringkas dan bahasa yang dapat dimengerti oleh khalayak umum. Makanya mungkin itulah yang membuat semakin tinggi strata pendidikan, essay yang diminta adalah essay yang jumlah hurufnya semakin sedikit. Karena kita mesti mampu menjabarkan keluasan pikiran kita dengan ruang yang terbatas. 

Membuat buku anak pun berarti melatih kemampuan bekerjasama dengan ilustrator. Membuatnya mengerti yang ingin kita utarakan, baik yang tersirat maupun tersurat. Sehingga apa-apa yang tidak dapat dijabarkan oleh kata karena keterbatasan ruang, dapat diterjemahkan dan terwakili lewat gambar.

Perenungan hari ini membawa pada kesimpulan bahwa membuat buku anak sesungguhnya bukanlah perkara yang mudah. 

#365HariBersyukur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s