3 Februari 2015

IMG_0192

3 Februari 2015,
Hari ini saat di tempat parkir, ada mobil persis di depan mobil saya. Untungnya ada pengemudinya. Tinggal diklakson sekali, langsung jalan dia. Kalau gak kan saya harus dorong-dorong.
Dari situ saya jadi mikir. Misalnya lagi kesal dan ada mobil yang menghalangi kita, mungkin gak kita tabrakin itu mobil? Enggak. Kenapa? Karena mobil kita pun akan jadi lecet. Jadi kita memilih untuk misuh-misuh, ngata-ngatain dengan berteriak, atau apapun lah, pokoknya bukan menabrakkan mobil kita ke mobil orang yang kita sebal.
Saya pikir ini sebenarnya bisa diibaratkan dengan kemarahan. Kalau kata guru yoga saya, Sonia Sumar, marah itu seperti membawa botol penuh berisi air tapi bocor. Jadi mau seberapa pun banyaknya kita bawa air, pada akhirnya hasilnya nihil karena air itu akan keluar. Seberapa besarnya kebaikan yang kita miliki, akan percuma atau gak maksimal karena ada ‘kebocoran’ tersebut. Jadi.. dengan kata lain sebenarnya kemarahan yang kita rasakan (apalagi pendam) akan berbalik ke kita lagi. Pasti akan ada efek negatif yang kita rasakan dari kemarahan yang kita rasakan. Orang yang menjadi sumber kemarahan kita akan lenggang kangkung saja. Santai. Gak mikirin atau malah gak merasa.
Jadi sama saja kayak si mobil. Bedanya kalau kita menabrakan mobil hasilnya akan benar-benar tampak nyata di mata. Yang membuat kita mengurungkan niat untuk menabrakkan mobil, seberapapun kesalnya kita. Sementara dampak dari marah tidak terlihat. Coba.. gimana ya kalau dampaknya marah benar-benar bisa kelihatan nyata? Apakah kemarahan akan berkurang di dunia ini? 

#365HariBersyukur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s