21 Januari 2015

image9-2

21 Januari 2015,

Membangun start-up mungkin mirip seperti membaca fairy tale. Kamu berusaha membangun citra kamu sebaik mungkin, sehingga yang kamu tampilkan adalah kisah happily ever after. Padahal di balik senyum bahagia dan kata-kata ‘akhirnya..’ ada perjuangan mati-matian untuk menuju kesana. 

Berjuang mati-matian sebenarnya tidak sebegitu parah. Setidaknya jika seperti itu, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan, hanya jalannya saja yang amat sangat terjal. Namun ada saatnya, kamu gak tahu apa yang harus kamu lakukan. Kamu mau, tapi kamu tidak tahu. 

Untuk saya, saat itu terjadi tahun lalu. Saat saya mencoba mengirimkan berbagai aplikasi start-up competition. Saya sendiri gak benar-benar tahu apa yang coba saya lakukan saat itu. Seenggaknya mungkin nanti saya akan dapat partner, mentor, publikasi, atau pendanaan. Tapi.. jauh di dalam diri saya, saya tahu sebenarnya bukan itu yang seharusnya saya lakukan. Namun saya juga gak tahu apa hal yang seharusnya saya lakukan. 
Singkat cerita, dari situ saya kenal sebuah organisasi. Datanglah saya ke salah satu acara mereka. Saya sendiri gak tahu kenapa datang kesana. Mencari inspirasi, mungkin. Mencoba menghibur diri dengan berkata begitu. Namun saat akhirnya acara berakhir tidak ada yang benar-benar spesial. Namun keajaiban datang saat lampu (terpaksa) dimatikan (karena para tamu tidak pulang-pulang padahal jamnya sudah berakhir). Saat itulah, saya dan Sishi bertemu dengan seseorang. Rendah hati sekali, tapi ternyata ia adalah CEO dari perusahan bayi dan anak yang cukup besar di Indonesia. Di akhir pembicaraan, dia bilang ‘I’m surely will contact you’. Dan pada akhirnya kami memang menjalin kerjasama. Itu semua gak akan terjadi kalau kami tidak datang ke acara itu. 
Saya bersyukur hari ini teringat saat-saat itu. Saat ketika jalan Rabbit Hole mulai tercerahkan. Dan hari ini kembali menjalin kerjasama dengan pihak lain yang (semoga) membuat jalannya memang semakin ke arah yang benar. Aamiin. 

#365HariBersyukur *fotonya adalah postcard buatan teman saya. Kalau kamu mau beli (lihat koleksi lainnya) bisa ke http://www.the-patw.com hehe. Bagus yaaa. Baru datang hari ini ke rumah*

Tinggalkan Balasan

