12 Januari 2015

image10

12 Januari 2015,
Sampai tahun lalu saya kira Indonesia masih terbatas pulau Jawa.

Secara geografis, saya tahu persis Indonesia itu terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sejak jaman SD, mungkin. Tapi.. saya gak benar-benar tahu kalau ternyata cara berpikir, dan ada berbagai hal yang berbeda 180 derajat antara apa yang ada di Timur, Tengah, dan Barat Indonesia.

Seperti saat saya mendengar betapa biasanya perang saudara di Papua. Serta adanya hubungan antara sulitnya akses pendidikan dengan daerah Papua yang penuh dengan pegunungan. Dari seorang kawan saya yang tumbuh besar disana. 
Atau bagaimana hari ini saya mendengar teman saya bercerita tentang ayahnya yang Batak menikah dengan Ibunya yang Jawa, yang membuat proses kakaknya yang akan menikah dengan orang Batak asli menjadi lebih rumit. Lalu pada akhirnya, tentang orang Batak yang mengagung-agungkan pernikahan. Yang menjawab rasa penasaran saya akan megahnya pernikahan orang Batak. Lalu ia pun bercerita tentang kebiasan-kebiasan orang Batak lainnya, yang membuat apa yang tertulis di buku ‘Gelombang’nya mbak Dee menjadi semakin masuk akal.

Lain pula, dengan orang Toraja. Yang justru menekankan pentingnya kematian. Kematian dianggap sebagai suatu awalan dan bukan akhiran. Terbukti dari upacara bernama Rambu Solo. Sesuatu yang baru saya ketahui hari ini. Saat saya seharian berkutat melakukan studi literatur tentang segala hal berkaitan dengan kebudayaan Indonesia. Untuk pembuatan buku terbaru Rabbit Hole.

Walaupun lelah hari ini, tapi tak hentinya saya berdecak kagum. Bahwa ada banyak sekali hal-hal unik dari Sabang sampai Merauke. Yang mungkin tidak akan saya ketahui semuanya. Tapi ini saja sudah membuat saya terkagum-kagum dan bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk mengetahui bahwa dunia itu tidak selebar pulau Jawa.

#365HariBersyukur

Tinggalkan Balasan

