10 Januari 2015

image8

10 Januari 2015,
Saat di awal membangun Rabbit Hole, saya benar-benar buta banget tentang dunia usaha. Gak tahu harus mulai darimana. Akhirnya, salah satu langkah awal yang saya ambil adalah menyewa booth di salah satu acara. Waktu itu gambling, karena sebagai psikolog yang baru lulus, tentu banyak sekali pengeluaran. Mulai dari pengurusan ijin praktek, mainan untuk praktek, alat tes, dst. Sehingga untuk menyewa booth benar-benar suatu hal yang berat dan harus dipikirkan masak-masak. Pada akhirnya, respon pengunjung booth kurang sesuai dengan target saya. Saya pun hopeless,merasa yang saya lakukan sia-sia dan hanya membuang waktu dan tenaga. Bahkan berpikir untuk menutup saja Rabbit Hole. Menyerah sebelum benar-benar memulainya. Tapi ada satu ucapan sahabat saya yang sangat menempel. Ia bilang ‘gw yakin Rabbit Hole akan besar, Dev’, katanya sambil menemani saya menjaga booth. Saya waktu itu berpikir : Apa iya? Dengan cara apa?

Dan sekarang.. ternyata perlahan tapi pasti Rabbit Hole mulai merangkak. Berjalan untuk berlari. Untuk maju ke depan. Keyakinan teman saya, pada saat saya benar-benar tidak yakin, ternyata terbukti. 
Bahwa memang, membuat usaha itu adalah suatu perjudian. Kamu gak akan tahu, apakah itu akan menjadi keberuntungan atau kesialan kamu. Tapi saya rasa, itu hanyalah masalah kegigihan. Kalau kamu benar-benar yakin. Kamu akan berusaha dengan segala cara, (jika memang ternyata itu adalah kegagalan), untuk mengubahnya jadi keberuntungan. 

Dan sekarang, sambil menjaga booth hari ini. Saya teringat saat-saat satu setengah tahun lalu. Saat saya sama-sama menjaga booth. Tapi bedanya dulu penuh dengan keputusasaan dan kebimbangan. Namun sekarang optimismelah yang lebih besar menjalar 💪💪 *harusnya ditulis kemarin, tapi tiba-tiba ketiduran* 😝 #365HariBersyukur

Tinggalkan Balasan

