6 Januari 2015

image4

6 Januari 2015,
Dongeng sedih yang pernah saya baca (selain si gadis penjual korek api) adalah itik yang buruk rupa. Bagaimana perjuangan si itik saat dicemooh ‘Si Jelek’, bertahan di dinginnya salju, sampai akhirnya ia bertransformasi menjadi angsa yang cantik.

Saya juga pernah ada di posisi si itik. Merasa saya gak ada bagus-bagusnya. Apapun yang saya lakukan salah, dan orang lain punya segala hal yang jauh lebih hebat dari saya. 

Sampai saya bertemu dengan SUMA. Sebuah organisasi di kampus saya dulu. Tempat pertama yang menghargai hasil karya saya, dan bilang ke saya kalau saya mampu melakukan hal-hal hebat (dengan caranya sendiri, tentunya). Itu adalah titik balik saya bangkit, dan mulai menganggap saya bisa menjadi angsa dan bukan sekedar itik yang buruk rupa. Saya bisa berteman dengan angsa-angsa lain, tanpa perlu rendah diri. Tidak terbayang, apa yang akan terjadi jika saya tidak pernah masuk SUMA. Mungkin saya akan terus menjadi itik, sampai saat ini. Atau mungkin saya sudah menjadi angsa, namun tidak pernah berkaca, sehingga tidak pernah sadar. Hanya tahu saya adalah itik yang buruk rupa. Ah.. Entahlah. 

Semalam saya mimpi tentang SUMA dan orang-orangnya (walau tidak bisa ingat persis apa mimpinya), yang membuat saya teringat dan bersyukur pernah menjadi bagian di dalamnya. 

Selain itu, beberapa pekan yang lalu, saya pergi ke Batu Secret Zoo. Bertemu dengan flaminggo yang memiliki warna lucu nan cerah ini. Dan tepat di pojok sebelah kanan ada flaminggo-flaminggo kecil yang berwarna kelabu. Mengingatkan saya akan itik sebelum ia menjadi angsa. Mengingatkan saya akan SUMA, dan syukur saya sampai akhirnya bisa menjadi saya di titik ini.

#365hariBersyukur

Tinggalkan Balasan

