#TGIF 9

We’re no longer looking for the best opportunity. We create opportunity by ourself.

Ada hal yang selalu membuat saya kagum setiap kali bertemu dengan para pemilik start-up. Apapun produk yang mereka  tawarkan, latar belakang, atau usaha yang pernah mereka lakukan, ada satu yang menyamakan mereka. Mereka menciptakan peluang mereka sendiri.

Akhir-akhir ini saya kembali diingatkan tentang menggebu-gebunya passion. Lewat teman saya. Lewat ceritanya tentang keinginan yang sangat kuat untuk membangun start-up. Tentang alasannya. Tentang cita-citanya membantu orang lain lewat apa yang ia bangun. Lewat apa yang ia korbankan untuk membangun apa yang menjadi passionnya itu. Tentang orang-orang yang bergantung dan percaya pada apa yang sedang ia nahkodai walaupun peruntungannya belum pasti kemana.

Saya seperti diingatkan kembali. Tentang saya sendiri, sekitar dua tahun yang lalu. Saat saya tahu apa yang saya inginkan, dan dengan mantapnya ingin saya wujudkan dengan kaki tangan saya sendiri. Meskipun saya tidak tahu, bagaimana hasil akhirnya.  Yang saya tahu, adalah sebuah keyakinan besar untuk mewujudkan apa yang saya sebut sebagai mimpi. Meskipun (mungkin) nantinya berakhir hanya dengan menjadi omong kosong, ya sudahlah itu urusan nanti. Yang saya tahu kala itu, saya ingin mewujudkannya. Itu saja. Titik. Kesederhanan yang kompleks, mungkin. Namun yang saya yakini persis, saya tidak ingin menjadi orang yang merutuki nasib dan berkata Tuhan tidak adil karena tidak membuat saya mendapatkan kesempatan yang baik. Saya tidak ingin ikut orang-orang yang menunggu kesempatan datang, di saat sebenarnya kita sendiri dapat menciptakan kesempatan itu. Jika kita tidak menciptakan kesempatan itu, mungkin ya.. kesempatan itu tidak pernah ada. Mau ditunggu 1.000 tahun lamanya pun ya tidak pernah terjadi. Nah, kalau kita sendiri yang menciptakan. Bukan tidak mungkin, justru kita yang menolong orang-orang untuk mendapatkan kesempatan yang tidak pernah mereka dapatkan sebelumnya?

Dan lewat cerita teman saya, saya kembali mengingat hal-hal itu. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

