Kurang

Kalau pada titik ini, kamu melihat ke belakang dan berkata ‘Ah.. harusnya aku gak ngelakuin ini‘ atau ‘Duh, cupu banget gw dulu. Mestinya gw ngelakuin ini‘. Itu artinya kamu belajar. Kamu bertumbuh. Kamu sekarang menjadi lebih baik dari dulu. Itu yang membuat kamu yang sekarang merasa kamu yang dulu kurang. Karena kamu yang sekarang sudah memperbaiki apa-apa yang kurang dari kamu yang dulu. Dan sekarang..kamu bisa menyunggingkan senyum atas semua itu.

**

Menjelang 2 tahun Rabbit Hole (wuih tidak terasa ya). Saya mengingat-ingat kembali hal-hal yang saya lakukan dari awal. Saya melihat-lihat kembali hasil yang sudah dibuat. Dari mulai buku pertama yang dibuat sampai buku yang terakhir. Melihat kembali buku yang awal. Melihat kertasnya, desainnya, covernya, fontnya, membuat saya sangat gemas dan ingin membuat ulang. Malu, kenapa dulu bisa-bisanya saya buat seperti itu ya. Lalu saya ingat-ingat lagi, dan kalau dihitung sudah berapa banyak pekerjaan-pekerjaan tidak efisien yang pernah saya lakukan. Tapi.. lalu saya sadar. Justru itulah penanda bahwa saya belajar. Bahwa saya pernah bekerja ini dan itu yang enggak banget hasilnya, tapi sering kali setelah itu saya memutar otak, dan melangkah ke hal yang lebih baik. Sedikit demi sedikit. Satu per satu. Sampai ada di titik sekarang.

Justru seharusnya saya khawatir, jika saya melihat ke belakang, dan mendapati bahwa tidak ada yang berbeda antara dulu dan sekarang. Tidak ada yang membuat saya gregetan karena dulu dan sekarang serupa. Kalau gitu justru saya harus memecut diri saya. Lah, tidak pernah ada inovasi dong selama ini?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s