#TGIF 6

Apa sih alasan kamu untuk membuat buku?
Saya sih sesederhana karena saya suka saja. Lebih tepatnya karena saya butuh. Saya mendapatkan rasa bahagia setelah menulis. Yang tidak saya dapatkan saat melakukan kegiatan lainnya. Sesederhana itulah.

Lalu saya mendengar banyak alasan lain dari banyak penulis lain. Ada beberapa yang berkesan. Tapi.. baru-baru ini saya mendengar satu alasan yang sangat melekat di pikiran saya.

‘Saya menulis buku karena itu adalah salah satu amal jariah saya nantinya’.
Begitu kata Mbak Annisa, penulis buku anak yang baru saja saya temui untuk pertama kalinya. Amal jariah, atau amal yang pahalanya tidak putus-putus walaupun manusianya sudah meninggal, didapatkan salah satunya dari ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi orang lain. Mbak Annisa merasa bahwa kemampuan yang ia paling kuasai adalah menulis. Jadi lewat menulislah ia ingin mendapatkan amal jariah itu.

Saat mendengar hal tersebut, satu kata yang terpikir ‘WOW!’. Saya gak pernah memikirkan tentang hal itu! Dan benar juga ya. Benar banget malah. Bahwa ternyata duniawi dan spiritual itu sebenarnya bisa diraih secara bersamaan. Secara duniawi, bermanfaat bagi orang lain dengan menyebarkan ilmu yang kita miliki pasti memberikan kepuasan tersendiri. Tapi di sisi lain, agama saya, ternyata juga amat sangat menghargai hal ini. Bahkan menjadikan satu hal yang abadi pahalanya. Jadi makin semangat menulis! 💪💪

Terimakasih Mbak Annisa, karena mengingatkan aku tentang hal ini. Plus menambah daftar motivasi untuk menulis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s