#randomthought

Ada beberapa hal yang saya pelajari selama seminggu ini :

1) Dengan ada banyaknya socmed akhir-akhir ini, ada banyak sekali wadah untuk kita berkeluh kesah. Apalagi tinggal di Indonesia yang memang notabene banyak hal yang bisa dikeluhkan. Tapi.. kalau semua hal dikeluhkan, ya.. gak akan ada habisnya, bukan? Terus apa sebenarnya untungnya buat kita setelah mengeluh isu ini dan itu? Tidak akan habisnya, saya rasa. Jadi, untuk menjadikannya bermanfaat, kenapa tidak : kamu pilih satu hal menyebalkan yang terus terngiang-ngiang di kepala kamu. Lalu kamu pikirkan satu solusi atas masalah yang menyebalkan itu (yang kalau bisa belum pernah dilakukan orang lain sebelumnya). Lalu kamu berkutat saja di satu isu saja dengan satu pemecahan masalah itu saja. Ingat, satu saja. Fokus. Gak usah pedulilah orang lain mau bilang isu yang kamu angkat gak penting, pemecahan masalah kamu cemen, dst. Kalau kamu yakin, jalanin saja. Walaupun tidak tahu hasilnya seperti apa, yang jelas lebih bermanfaat dibanding hanya sekadar berkeluh kesah saja.

2) Ternyata ada banyak sekali orang-orang yang melakukan hal-hal yang keren. Tapi ternyata tidak banyak yang menuliskannya atau memberitahukan hasil karyanya. Sayang banget jadinya. Padahal menurut aku, karya yang bagus, ya.. mestinya disebarkan. Agar lebih banyak orang yang mendapat manfaat dari apa yang kita lakukan. Memang sih ada batas tipis dengan pamer. Tapi menurut aku, pamer itu ya hanya sekedar show off tanpa ada manfaatnya. Sedangkan kalau sharing hal-hal keren yang kita lakukan, dan justru menolong orang banyak. Ya.. kenapa enggak? Contohnya aja dalam bidang buku anak. Setelah searching sana-sini baru tahu ternyata ada juga buku-buku keren buatan anak-anak Indonesia. Tapi.. saat saya mau cari info lebih lanjut tentangnya, seiprit banget infonya. Sayang kan 😦 Oh ya, dan satu hal lagi, saat menonton tayangan AADC gagal move itu, ada hal yang saya pelajari. Bahwa saat ini metode iklan, untuk kasih tahu apa yang kita lakukan, untuk kasih tahu produk yang kita lakukan, ya..melalui bercerita. Kisah akan lebih melekat diingatkan, dibandingkan sekedar iklan biasa. Lebih elegan juga jatuhnya.

3) Kemarin saat dengar talkshownya Rhenald Khasali, ada kata-kata Beliau yang membuat saya mikir. Bahwa kalau sudah naik pangkat, jadi masyarakat kelas menengah atas, misalnya. Kita cenderung jadi terbatasi. Misalnya, ah ya gak mungkin dong naik bis kan sekarang udah kaya. Atau kalau mau melahirkan ya di RS A dong kan udah kaya. dst. Yang justru membatasi ruang lingkup dan kreativitas kita. Jadi bebaskanlah diri kita. Tidak usah justru terkekang dengan atribut-atribut seperti itu. Kemudian setelah mendengarnya jadi mikir (dan kesindir) juga. Karena saya juga suka merasa menjadi bagian masyarakat kelas menengah, yang kadang-kadang suka ngehe kayak gitu juga sih. Suka belagu tiba-tiba. Maunya yang ini dan itu. Gak mau yang kayak gini dan gitu. Yang justru malah membatasi diri. Padahal misalnya pas naik kereta atau angkot, atau jalan kaki, banyak hal-hal baru yang bisa dipelajari dan jadi inspirasi untuk merangsang kreativitas kita.

Ya.. segitu dulu. Banyak juga ya inspirasi di minggu ini 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s