Once Upon A Time

Pernah menonton ‘Once Upon A Time’? Disana digambarkan bahwa orang-orang yang kita kira si jahat tidaklah benar-benar jahat. Tidak ujug-ujug mereka menjadi jahat. Ada sebab musabab yang menyebabkan itu semua. Bahkan kita, sebagai penonton, seperti digiring untuk membentuk pemikiran bahwa orang jahat pun sesungguhnya adalah korban. Masalah demi masalah yang menerpanyalah yang akhirnya menjadikan ia jahat.

Saya juga percaya hal itu.
Bahwa sebenarnya tidak ada orang jahat di dunia ini (kecuali psikopat). Kadang kitanya saja suka membesar-besarkan suatu masalah. Menganggap masalah kecil yang dilakukan seseorang adalah dosa yang tidak termaafkan. Sehingga ia pun menjadi orang jahat. Melakukan kejahatan lebih dan lebih baik. Terus-menerus sampai akhirnya kebiasaan. Sampai akhirnya jadi kepribadian.

Tapi coba deh kita kasih kesempatan. Fokus pada hal-hal yang baik. Kasih semangat bahwa ia dapat menjadi lebih baik. Mungkin gak ada, atau paling tidak berkurang orang yang kita label sebagai ‘si jahat’ ‘si pembuat ulah’ dst.

Sayangnya, terkadang sering kali kita mencaci-maki, meremehkan, merendahkan pada orang-orang yang dekat dengan kehidupan kita 😦

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s