Surprise!

Kenapa saya suka menulis?

Karena saya mendapat kejutan setiap kali melakukannya. Saat menulis cerita baru, sering kali apa yang terjadi pada jalan ceritanya, tokoh-tokohnya, atau segala printilannya, tidak pernah saya duga. Sehingga saya pun tidak pernah suka menulis bersturuktur, dengan plot dan tiap babnya sudah ditentukan, misalnya. Karena pasti walaupun berhasil dibuat, akan gagal dan bubar di tengah jalan, akan berubah entah dipengaruhi apa.

Tapi itu yang paling saya suka dari menulis. Itu yang membuat saya tahu bahwa otak saya, walaupun ada di dalam diri saya sendiri, bisa memberikan kejutan-kejutan untuk saya. Kejutan yang menyenangkan, tentu saja.

Tinggalkan Balasan

