Mobil

Pernah ada yang bertanya pada saya : ‘Jika ada satu saja saran parenting yang ingin Anda berikan, apa itu?’

Jawab saya : Beri kasih sayang dan aturan secara imbang pada anak. Karena.. Ibarat mobil. Kasih sayang adalah gas, dan pemberian aturan adalah remnya. Tidak mungkin kan kita hanya mengerem saja, atau menggas saja? Keduanya tentu saja harus berimbang agar mobil dapat sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Jika di gas saja, mobil bisa jalan terus, tapi kita sendiri bingung kemana mobil akan membawa kita. Dan bukan tidak mungkin, suatu saat akan ada penghalang keras yang menghentikan laju mobil kita akibat mobil yang selalu digas. Sama seperti kasih sayang. Bukan berarti tidak baik, namun jika anak dikasih kasih sayang terus. Diberi tatapan penuh cinta, dipeluk, dicium, diberikan apapun yang ia miliki tanpa adanya batasan. Tanpa adanya aturan tertentu. Ia akan menjadi anak yang seenaknya saja. Bukan tidak mungkin ia meminta dan terus meminta, padahal tidak benar-benar butuh apa yang ia minta. Setelah sudah dituruti, tidak akan puas, meminta hal yang lain, ya.. karena ia tidak pernah benar-benar belajar untuk tahu apa yang ia butuh.

Sebaliknya, jika hanya diberikan aturan atau larangan saja, mirip seperti mobil yang direm terus. Jadi apa? Ya jadi diam saja. Mandek. Anak tidak benar-benar bisa bergerak menurut keinginannya sendiri. Inisiatif dan kreativitasnya tidak dirangsang. Hanya mengikuti apa yang diperintahkan orang tua saja.

Nah, jadi itulah kira-kira gambaran singkatnya, kenapa anak butuh kasih sayang dan aturan yang seimbang. Walaupun terlihatnya mungkin saat awal-awal dikasih aturan, anak marah atau memberontak, tapi ya itu tantangannya! Namun sebenarnya anak butuh kok aturan itu. Kadang kan orang tidak selalu tahu apa yang dibutuhkan kan? Dan untuk menerimanya terkadang reaksinya memang bisa menyebalkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s