Urgent

Lo ngapain sih ngurusin ginian? Bukannya pendidikan masih carut-marut, terus ada yang lebih urgent lagi untuk diurusin‘.

Begitulah kata salah seorang teman saya beberapa tahun silam. Saat saya masih sedang semangat-semangatnya mengurusi lingkungan. Saat itu, saya merasa isu itu merupakan isu yang sangat dekat dengan saya dan perlu untuk ditangani segera. Saat itu saya merasa itu adalah hal yang paling benar yang harus saya lakukan. Waktu itu memang belum begitu banyak orang yang membahas atau perhatian dengan isu ini. Tahun-tahun berikutnya barulah kata ‘global warming’ menjadi familiar (walau tidak banyak orang yang mengerti maksudnya) dan isu lingkungan menjadi isu yang cukup ‘seksi’ di kalangan anak muda.

Saya kembali memikirkan ucapannya beberapa tahun silam, memang apa yang salah ya jika saya mengurusi isu yang tidak ‘cukup seksi’ di masa saat ini? Apakah saya harus ikut arus mengurusi arus untuk mengurusi hal-hal yang mainstream?

Jawabannya tidak, anak muda (sok tua hehe). Menurut saya, yang paling penting sebelum menentukan isu apa yang ingin kita urusi, tanyakan dua hal : apakah hal tersebut memberi kebaikan pada orang banyak (atau setidaknya bagi orang lain) dan apakah hal tersebut terasa ‘benar’ dan membuat kita bahagia? Jika iya, ya lakukanlah. Kadang-kadang terlalu banyak memikirkan perkataan dan masukan orang lain, justru membuat kita bingung dan maju mundur justru pada hal-hal yang sebenarnya tepat untuk dilakukan. Ya, mungkin memang ada isu besar yang harus diselesaikan. Namun, jika memang bukan ‘panggilan’ kita di situ, dari pada kita tidak dapat berkontribusi besar di isu ‘mainstream’ itu, kenapa kita tidak mengikuti panggilan hati kita? Toh, kan kita sama-sama bergerak dalam kebaikan kan? 🙂

 

Tinggalkan Balasan

