Gw juga bisa!

Salah satu hal yang cukup mengganjal dari komentar orang-orang saat membaca berita tentang saya (sok tenar hehe) atau Rabbit Hole adalah komentar yang intinya adalah : ‘Wah, gw juga udah pengen buat tuh yang kayak gitu‘. 

Hmm.. 

Semakin saya bertemu dengan banyak orang, saya semakin menyadari bahwa ada banyak orang dengan pemikiran yang hebat, bahkan sangat hebat. Jauh melebihi apa yang saya miliki. Jauh lebih hebat dari apa yang pernah mampir ke otak saya. Namun masalahnya adalah, sebagian dari orang-orang tersebut memiliki ide-ide itu terlalu banyak, namun tidak tereksekusi. Ide-ide itu begitu general, tanpa adanya spesifikasi. Kenapa? Ya.. karena tidak pernah dilaksanakan. Kalau dilaksanakan, pasti kita akan sama-sama tahu betapa beratnya ide untuk dijadikan sebuah realitas. Betapa rodanya bisa berputar 180 derajat dari yang pernah kita pikirkan, karena benturan-benturan bernama kenyataan. Ide, yang ada dalam otak kita, harus kita kompromikan dengan segala hal yang ada dalam dunia nyata. Dengan kepentingan orang lain, dengan dana, dengan sistem, dan dengan hal-hal lainnya. Kompromi, perombakan, dan modifikasi yang mau tidak mau harus kita lakukan kalau kita ingin ide kita diterima, dan bahkan bertahan di sini. Di alam nyata, dan bukan di angan-angan.

Jadi, coba kerucutkan deh, segala ide-ide yang kita miliki. Lalu pilih satu yang paling selalu membuat kamu kepikiran, yang bisa membangkitkan segala hasrat dan kebahagiaan dalam diri kamu. Yang membuat kamu ingin bergerak. Lalu satu itu coba realisasikan. Jika kamu coba dengan segala cara dan ternyata tidak berhasil, ya mungkin itu barulah saatnya kamu coba yang lain. Karena seperti cinta, passion itu tidak punya cukup ruang untuk disisipi dua hal. Hanya cukup satu ide dan kamu saja disana, untuk benar-benar mau berhasil. Jika dalam perjalannya, rasanya ide dan kamu semakin tidak cocok dan semakin berbenturan, baru letuskanlah ide kamu, dan kamu dapat masukkan ide barumu.

Nah, setelah sudah sampai tahap realisasi nanti, kamu baru tahu bahwa walaupun ide satu orang dengan orang lain bisa serupa, atau bahkan sama persis. Realitanya di lapangan pasti tidak akan pernah sama. Tidak akan. 

Good luck!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s