Story telling

Story telling.

Kalau dengar kata-kata itu entah mengapa jadi deg deg ser. Ada sensasi tersendiri mendengar kata itu tersebut. Atau jika ada orang mengatakan bahwa ia adalah story teller. Atau jika mendapat kartu nama dengan pencantuman profesi sebagai ‘story teller’ (walaupun kebanyakan yang nulis profesinya ‘story teller’ tuh bukan ‘story teller’ dalam arti sebenarnya).

Walaupun sekarang story telling sudah digunakan di berbagai konteks (yang semua dimulai dari entah sejak kapan ada yang mencetuskan bahwa ketika menjual sebuah brand, lebih efektif dengan melakukan story telling akan brand itu, dan banyak konteks lainnya).

Tapi.. entah mengapa mendengar kata story telling bisa membuat saya deg-degan setengah mati. Sampai sekarang. Sebenarnya saya pun bisa senang setengah mati kalau yang namanya ketemu pendongeng. Karena apapun gaya dongengnya, ada sebuah kebahagian yang diberikan untuk orang-orang yang di belakangnya. Ada kepintaran yang dibungkus dalam untaian kata-kata, ekspresi muka, dan efek suara-suara yang membuat semua mata fokus ke depan dan menyimak dengan terkesima si pendongeng ini.

Lalu saya tidak menyangka, bisa tercebur untuk ikutan-ikutan mendongeng. Tadinya hanya sebagai sarana untuk memperkenalkan dongeng-dongengnya Rabbit Hole (mm.. sampai sekarang juga sih). Tapi sampai sekarang suka takjub sendiri kalau ada yang minta saya mendongeng. Saya sampai mikir ‘gila..mereka percaya gitu sama saya?’ tapi saat melihat muka anak-anak yang benar-benar merhatiin saya, atau yang tertawa, atau yang antusias menjawab pertanyaan setelah dongeng. Atau yang bahkan setelah saya mendongeng datengin saya, cengar-cengir, dan bilang ‘aku suka dongeng’, dan terus duduk menempel di sebelah saya aja gitu. Rasanya itu yang gak bisa terbayarkan dari mendongeng. Moment-moment itu yang bikin saya menagih untuk mendongeng. Walaupun selalu sih, setiap kali mendongeng super deg-degan, bisa gak ya untuk bikin anak-anak ini excited. Hihi.

Kelas Inspirasi Depok-093

 

Tinggalkan Balasan

