Pemilu

Dalam pemilu , anak-anak yang belum memiliki hak pilih juga bisa belajar banyak hal, misalnya :

1) Belajar warna. Untuk anak yang masih sangat kecil, mereka bisa belajar tentang jari warna ungu setelah ortu mencoblos di pemilu Atau melihat surat suara pemilu ada bendera merah putih, calon nomor 1 pakai peci hitam, calon nomor 2 pakai baju warna-warni kotak-kotak, dst

2) Belajar angka & hitung. Sambil menunggu orang tua menunggu giliran mencoblos, anak bisa diajak berhitung orang2 yang hadir, jumlah pasangan capres, ds.

3) Belajar pembagian tugas. Di pemilu ada yang tugasnya mencatat, memanggil, dst, yang akhirnya menyebabkan proses pemilihan umum berjalan dengan lancar. Itulah pentingnya pembagian tugas, yang nantinya akan dialami anak juga saat ia masuk organisasi.

4) Belajar antri & sabar tunggu giliran. Dalam pemilu, pencoblos dipanggil sesuai dengan giliran kedatangan, yang menyebabkan proses dapat berjalan dengan tertib, cepat, dan teratur. Dengan melihat hal tersebut, anak dapat terbiasa untuk mengantri sesuai dengan gilirannya agar tidak terjadi chaos, misalnya saat nantinya menunggu giliran di bank, atau saat berkendara di jalan umum.

5) Belajar bahwa untuk mencapai suatu hal tidak ada yang instant, semua melalui proses. Misalnya capres dan cawapres harus berdebat, berkampanye, dst, di pemilu ini untuk mendapatkan yang diinginkan.

6) Belajar menerima hasil. Kalah/menang di pemilu diterima dengan lapang dada, tanpa ada sakit hati, mendendam atau menuduh.

 

PS : Semoga point nomor 6 benar bisa terjadi ya bapak-bapak, agar anak-anak Indonesia juga dapat mencontoh perilaku tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s