SLB

Anak-anak di SLB ini mengajarkan aku dua hal :

– Ketekunan

Kita mungkin lupa bagaimana kita belajar bicara, duduk, berlari, makan, atau mandi. Karena semuanya terjadi begitu natural. Namun tidak bagi mereka. Ada yang memerlukan terapi untuk kemampuan yang dengan mudahnya kita pelajari. Namun sebagian besar dari mereka, apalagi dengan dorongan, mau berusaha keras. Bahkan saat mereka bisa, atau pun belum bisa, ingin melakukan segalanya sendiri. Mereka melakukan hal-hal yang mereka bisa untuk membantu orang lain, meskipun sering kali apa yang mereka lakukan hasilnya tidak memuaskan. Ah..tapi sebenarnya apalah arti itu semua dibandingkan niat tulus mereka meskipun dengan segala keterbatasan.

Pengen deh jika suatu hari ada yang membina mereka, lalu menyalurkan mereka untuk menjadi asisten rumah tangga. Mereka pasti menjadi individu yang loyal dan tidak kabur-kaburan atau ngintrik seperti banyak kasus ART yang marak saat ini. Tapi ya memang harus rajin-rajin mengelus dada jika ada pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, terutama jika itu adalah hal yang baru untuk mereka. Tapi di luar itu mereka akan berusaha keras dan loyal. Pekerjaan mereka akan baik-baik saja selama kamu memberikan ia pekerjaan yang itu-itu saja, tanpa modifikasi atau aturan baru ya.

 

– Potensi diri

Di tengah keterbatasan mereka, ada satu hal yang saya sadari. Kebanyakan dari mereka setidaknya dapat meronce. Itu loh, kemampuan untuk memasukkan manik-manik ke tali. Memang terkesan sederhana sih. Tapi coba ada orang yang ingin menjadikan karyawan untuk meronce segala aksesorisnya. Ah..pasti akan sangat menyenangkan untuk mereka. Memang awalnya harus sabar-sabar sih mengajari mereka. Tapi pasti ada hal yang tidak terbayarkan dengan materi saat melihat mereka akhirnya dapat membuat kalung atau gelang pertamanya. Atau saat mereka menerima gaji pertamanya.

Ah..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s