Pemimpin itu..

Aturan nomor 1 dalam menjadi pemimpin itu : gak boleh merasa paling pintar, paling bisa semuanya sendiri. Intinya hilangkan pikirkan ‘paling’.

Karena pada kenyatannya memang tidak ada kok manusia yang ‘paling’. Selalu ada langit di atas langit. Dan kalau pun mungkin memang kita yang ‘paling’. Kita hanya akan ahli di satu bidang saja. Tidak mungkin kita akan menjadi ‘paling’ di bidang lain. Ada orang lain yang akan menempati posisi itu.

Karena..pikiran adalah hal yang tinggal tunggu waktu untuk menjadi realita. Dengan pemikiran seperti itu, tidak akan ada satu orang pun yang dapat memuaskan kita. Semua pekerjaan orang lain akan dianggap salah dan tidak benar. Hanya kita yang benar. Hasilnya? Tidak akan ada yang bertumbuh dari proses itu.

Kalau kita merasa ‘paling’ terus-terusan. Orang akan berpikir ‘kalau gitu kenapa gak lo kerjain aja sendiri?

Padahal..menjadi pemimpin itu adalah mengumpulkan orang-orang ahli di bidang yang berbeda-beda untuk mencapai satu tujuan. Pemimpin itu adalah tentang bertumbuh. Tentang diri sendiri yang bertumbuh menjadi pemimpin yang lebih baik, yang lebih efektif mendelegasikan tugas, yang lebih mampu memotivasi orang lain untuk mengeluarkan keahlian terbaiknya. Dan juga tentang orang lain yang bertumbuh menjadi orang dengan pribadi yang lebih baik.

Sehingga orang lain melakukan tugas karena kecintaan dan bukan ‘asal bapak senang’. Bukan karena si pemimpin ada lalu anak buah baru kerja.

Sehingga saat si pemimpin dan anak buah melihat lagi hasil kerjanya. Mereka sama-sama tersenyum puas. Dan tidak menyangka bahwa mereka dapat membuat sesuatu yang tidak mereka sangka dapat mereka buat.

Karena menjadi pemimpin adalah tentang menyatukan kekuatan. Kekuatan yang dilandasi kecintaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s