Victim

konflikt

Salah satu hal yang saya sadari belakangan : menikah itu berarti adalah kerelaan untuk tidak menjadikan diri sebagai korban.

Mana ada sih pernikahan yang hanya hahahihi dan membuat kita senang terus-menerus?

Pasti akan ada satu titik dimana kita harus bangun lebih pag., waktu tidur berkurang, beban kerja lebih banyak, demi kesejahteraan orang lain. Saat itu terjadi, mind set kita adalah yang berperan paling penting. Kalau kitanya merasa bahwa yang kita lakuin jauuuhhh lebih besar dibandingkan pasangan kita. Atau lebih buruknya, pasangan kita juga merasa yang ia korbankan juga teramat jauh dengan kita. Akhirnya nantinya bom waktu yang bernama : ‘kamu-gak-pernah-ngapa-ngapain-yang-kamu-kerjain-gak-ada-gunanya-aku-terus-yang-cape-ngerjain-segala-sesuatunya’ akan meledak.

Merasa jadi korban. Merasa menjadi yang paling banyak berperan. Sedangkan pihak yang lainnya hanya ongkang-ongkang kaki semata.

BOOM!

Beda misalnya kalau mindsetnya dirubah menjadi : kerjasama, partnership, gotong royong.

Menghargai bahwa setiap pihak punya perannya masing-masing, punya kesenangan sendiri dari peran itu, dan punya kelelahan sendiri dari kewajiban yang ada.

Saling berempati.

Sampai akhirnya, misalnya, persoalan bergantian menjaga anak bukan persoalan ‘aku-udah-cape-kerja-seminggu-penuh-masa-aku-gak-bisa-istirahat-sebentar’ atau ‘aku-udah-jagain-anak-semingguan-penuh-masa-aku-gak-bisa-punya-me-time-gantian-dong’

Tapi lebih pada keinginan untuk bermain bersama anak setelah Senin-Jumat hanya sebentar bertemu dengan anak, atau keinginan untuk merelakan anak memiliki waktu lebih bersama ayahnya karena sadar perkembangan anak yang positif berasal dari hubungan yang hangat dari kedua orang tuanya, bukan hanya satu pihak saja.

Sesimpel itu.

Atau justru itu adalah hal yang sangat rumit?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s