UN

Saya baru saja memeriksa formulir seleksi Sabang Merauka. Seluruh formulir yang masuk ke saya berasal dari murid-murid SMP di Maluku. Fakta menarik yang saya temui adalah banyak sekali jawaban yang tidak nyambung dengan pertanyaannya. Setelah saya telaah lagi, sebagian besar dari mereka terlihat kesulitan memahami pertanyaan tentang sesuatu yang abstrak. Mereka dapat menjawab pertanyaan yang sudah pernah terjadi atau yang terjadi sehari-hari (walaupun kebanyakan juga normatif), tapi terlihat kesulitan kalau diminta membayangkan, cita-cita mereka, impian mereka.

Lalu saya pikir, anak SMP di Jakarta pasti dapat menjawab lebih baik dari itu.

Saat itu saya teringat dengan kisah anak-anak di Papua, yang bahkan ketika mereka menginjak hampir kelas 6 SD pun banyak yang belum lancar membaca. Dan membayangkan betapa tidak meratanya pendidikan di negara ini. Dan betapa jauhnya ketimpangan pendidikan di daerah dekat di Ibukota dan yang jauh di timur sana.

Dan lalu.. apakah adil kalau saya tidak meloloskan mereka seleksi jika memang sistem pendidikan dan kualitas pendidikan berbeda yang menyebabkan kualitas jawaban mereka seperti ini?

Pantas saja jika ada seleksi, masyarakat dari Timur mendapat jatah yang selalu sedikit dibandingkan yang hidup di ibukota atau paling tidak dekat dengan ibukota.  

Lalu sekarang kalau berbicara UN, apakah adil kalau standar ujian diratakan secara nasional, sementara dari contoh itu saja, terlalu timpang kesenjangan yang ada?

Jika merujuk pada pancasila sila 5 : keadilan sosial bagi seluruh warga Indonesia.

Apakah UN bukan akhirnya menjadi salah satu malpraktek dari sila ke 5. Adil bukan berarti sama, pak.

Tinggalkan Balasan

