Persistance

Saya pertama kali berkenalan dengan yoga melalui Bikram Yoga. Setelah beberapa kali berlatih, saya lihat suatu pola. Peserta laki-laki yang mengikuti bikram yoga, pasti lebih cepat untuk menyerah, lebih sering duduk dari satu gerakan ke gerakan dibandingkan terus-menerus berusaha untuk mencoba gerakan tersebut. Dan pada akhirnya, kemungkinan para lelaki ini untuk datang lagi ke pertemuan selanjutnya itu kecil sekali. Kebanyakan menyerah pada pertemuan pertama. Selain dari pengamatan saya, saya juga pernah baca di blog salah seorang pria yang mencoba bikram yoga. Ia langsung sudah mengibarkan bendera putih dan kapok untuk mencoba jenis olahraga ini.

Fenomena ini suka bikin saya bertanya-tanya, gimana mungkin laki-laki yang konon katanya kuat dan perkasa bisa menyerah dengan olahraga macam bikram yoga ini. Malah, saya pikir, olahraga ini gak perlu terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Hanya persistance saja untuk bertahan di satu gerakan saja, tanpa menyerah untuk duduk atau pergi ke luar dari ruangan yang panasnya Masya Allah itu.

AHA! Itu dia jawabannya. Perempuan tuh lebih jago dalam hal persistensi. Walaupun saya belum pernah merasakan, tapi coba saja bayangkan kalau perempuan hamil 9 bulan tanpa memiliki kemampuan untuk persistance, apakah mungkin bisa bertahan menahan sakit yang dialami sampai melahirkan? Kalau perempuan gak persistance, mungkin gak bisa lolos menyusui anaknya sampai 2 tahun (atau paling tidak 6 bulan)? Jadi mungkin dari sananya, perempuan dengan anatomi tubuh dan tugas yang diembannya itu didesain untuk lebih persistance, lebih mampu bertahan pada situasi yang menyebalkan dan tidak menyenangkan. Makanya perempuan lebih bagus juga secara akademis dibandingkan lelaki. Karena perempuan bisa lebih persistance saat ada situasi yang menyebalkan buat dia, misalnya tugas yang banyak. Sedangkan lelaki memang lebih kuat, tapi..ya gitu kurang persistance.

Begitulah kesimpulan saya dari pengalaman selama ini. Kalau yang merasakan beda, ya memang pengalaman pribadi sih, gak bisa digeneralisir. Hehe..

Tinggalkan Balasan

