Adaptasi

1354329235_8554_Adapt

Kakak : Ma, aku menang lomba menulis! Hadiahnya presentasi tulisanku di Jepang 🙂

Mama : Wah, selamat ya nak. I know you can do anything you ever dream if you trying hard like this, sayang.

Kakak : Tapi aku takut, Ma.

Mama : Takut apa, sayang?

Kakak : Takut, ngomong di depan orang banyak. Pakai bahasa inggris lagi. Aku juga takut ke luar negeri sendiri, Ma.

Mama : Sayang, kamu tahu tidak kenapa bayi baru lahir menangis? Mereka sudah biasa hidup nyaman di perut, tiba-tiba harus keluar di tempat yang asing buat mereka, dan menangis adalah cara yang mereka tahu untuk mengatasi perubahan itu. Tapi setelah itu, mereka bisa ketawa-ketawa, dan bahkan bisa nyaman digendong atau dipeluk orang-orang yang sebelumnya asing buat dia. Itu namanya adaptasi. Perubahan itu memang tidak pernah enak, sayang. Karena kita tidak pernah tahu seperti apa nanti yang akan terjadi di depannya. Sama kayak pengalaman kamu untuk pertama kalinya ini. Tapi kamu tahu tidak, orang yang sukses itu yaitu orang yang setidaknya diam, atau bahkan maju menyambut perubahan, bukan malah mundur dengan perubahan. Kalau ternyata perubahan itu gak nyaman, kita bisa berpindah ke perubahan yang lain, dan bukannya mundur. Pindah ya bukan mundur. Jadi kita gak akan pernah menyesal, karena kita belum pernah menyesal nanti di masa depan. Jadi sekarang kakak mau gimana nih, mau mundur, tetap, atau malah menyongsong perubahan itu?

*ini juga tulisan lama. waktu itu kayaknya buatnya sambil menyiapkan diri untuk konseling klien deh*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s