Layer

Apa sih sebenarnya yang ingin saya lakukan saat saya mengambil profesi seorang psikolog anak?

Pertanyaan itu mungkin bisa dijawab dengan mudah. Ya ingin membantu anak-anak. Sederhana? Hmm.. Coba dipikir lagi. Apa memang saya (dan psikolog anak lain) sebegitu mulianya? Atau sebenarnya ada tujuan-tujuan lain? Yang sebenarnya justru menjadi pemuas si ego. Menjadi orang yang dipandang hebat. Menjadi orang yang dipandang pintar. Ingin dipuja menjadi seseorang yang punya tujuan mulia. Atau apa?

Dulu waktu saya magang, hal ini benar-benar dikupas habis. Membuat kami benar-benar sadar apa sebenarnya alasan-alasan di balik keputusan untuk mengambil pekerjaan ini. Kenapa saya bilang alasan-alasan? Ya..karena memang ada banyak sekali alasan. Ada yang memang demi kebutuhan kita sendiri (ya memang dong, semulia-mulianya manusia, pasti ada kebutuhan diri sendiri yang terpuaskan dengan menolong orang lain) dan ada alasan untuk menolong orang lain. Nah, yang harus kita aware adalah seberapakah kadarnya? Apakah lebih banyak yang untuk orang lain atau untuk kita sendiri?

Dan sebelum saya training, beberapa hari ini diingatkan kembali oleh Mark A. Barnes dalam bukunya ‘The Healing Path with Children‘, yang saya kutip berikut ini :

20140228-213827.jpg

Tinggalkan Balasan

