Erikson!

kece amat gayanya si Opa

kece amat gayanya si Opa

Jaman kuliah dulu, saya sudah suka banget dengan Erikson. Kenapa ya? Teorinya mudah diingat dan pas sekali untuk diterapkan bagi pengasuhan anak, dan karena saya memang dari dulu sudah suka dengan parenting jadi cocoklah.

Tapi..dulu saya jarang sekali baca Feist & Feist. Saya juga sudah lupa apa isinya. Bosanlah pokoknya :p

Tapi..hari ini saya kembali membuka Feist & Feist demi mencari tahu lebih dalam tentang opa Erikson. Hasilnya menakjubkan! Saya sampai nyesel setengah mati, dulu-dulu kemana ya? Katanya ngefans tapi kayaknya gak pernah baca selembar pun tentang si Opa di Feist & Feist (padahal halamannya penuh stabilo, tapi benar-benar lupa pernah baca).

Dimulai dari pencarian jati diri Erikson untuk mengetahui siapa ayah kandungnya, yang sampai ia meninggal pun belum ia ketahui siapa. Tapi menarik bangetlah ini. Cape juga saya nulisnya. (nanti kapan-kapan dilengkapi).

Saya tuh paling suka dengan stage of psychosocial developmentnya si Opa. Banyak banget yang bisa dipelajari. Satu yang paling menancap adalah ‘ketidakseimbangan merupakan keseimbangan‘. Itu pakai kata-kata saya sendiri sih. Intinya begini, manusia itu di setiap tahapan usianya memiliki tugas perkembangan. Nah si tugas ini gak melulu yang baik-baik. Misalnya aja untuk anak bayi, tugasnya adalah trust vs mistrust. Yang baik yang mana? Yang trust? Bukan! Melainkan gabungan dari trust maupun mistrust. Jadi seseorang dikatakan sukses, ya..kalau punya keduanya. Tapi apakah harus sama rata? 50% trust, 50% mistrust? Enggak juga (ini apa ya dari tadi nanya sendiri jawab sendiri). Kan seperti dibilang di awal, ketidakseimbangan adalah keseimbangan. Jadi..yang bagus itu, yang seimbang itu, adalah kalau trustnya lebih besar daripada mistrustnya. Tapi..harus ada kedua-duanya.

Nah..kenapa begitu ya? Saya akan jelaskan di posting selanjutnya 😀

Di posting selanjutnya berturut-turut saya akan menjelaskan tentang tahapan perkembangan anak, usia perkembangannya dan cara orang tua untuk dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Kental banget nuansa Eriksonnya disini, tapi yah.. ada banyak interpretasi sayanya juga. Terutama di bagian tips untuk orang tuanya.

Selamat membaca 😀

Tinggalkan Balasan

