Belajar dari Pocari Sweat

Sudah pernah lihat video di atas?
Saya sendiri baru saja menontonnya ūüėÄ (padahal orang-orang sepertinya sudah heboh dengan video ini dari kapan tahu). Dan..ternyata ada banyak sekali ‘AHA moment’ selama menontonnya.

Melihat presiden direkturnya, Akihiko Otsuka, yang sangat keukeuh dengan keyakinannya akan keberhasilan Pocari Sweat, membuat saya teringat saat awal pembuatan ‘Bella dan Kelima Balon‘ (walaupun untuk Bella belum ketahuan akan berhasil atau tidak sih, tapi mudah-mudahan sukses. Aamiin *nyelipin doa* Hehe). Awalnya saat mulai menggodok konsep Bella, banyak orang yang melontarkan komentar-komentar pesimis. Keuangan saya sendiri waktu itu sedang kurang baik. Saya pikir, bisa tidak ya mengumpulkan uang untuk produksi Bella? Kalau pun bisa, mau tidak ya saya investasi uang untuk pembuatan Bella, yang belum dapat diprediksi juga kesuksesannya (melihat belum pernah ada yang membuat cerita interaktif seperti¬†ini di Indonesia)?¬†Komentar-komentar dari orang-orang di sekitar saya terus terang membuat saya sempat jiper dan down juga, sempat berpikir untuk mengurungkan niat membuat Bella selama 1-2 hari, tapi tiba-tiba tekad membuat Bella¬†muncul kembali dan terus menerus dengan begitu kuat.

Kemudian, karena satu dan lain hal, beberapa teman saya yang semestinya berinvestasi untuk Bella, membatalkan investasi mereka. Itu pun faktor yang membuat semakin jiper. Pertanyaan tentang : bisa tidak ya saya mengumpulkan dana untuk Bella kembali memenuhi kepala?. Apakah sebenarnya Bella benar-benar¬†ditakdirkan untuk lahir di bumi¬†IOS atau tidak? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu terus memenuhi¬†pikiran saya. Tapi tetap keinginan itu terus¬†kuat. Dan kalau saya sudah yakin¬†dengan satu hal, saya¬†pasti akan keukeuh membuat¬†itu berhasil. Gak peduli lah ada orang yang mendukung atau tidak. Insya Allah kalau memang baik, pasti ada jalannya ūüôā

Sampai akhirnya moment-moment¬†pembakar semangat *lebay* mulai berdatangan. Dimulai dari tim produksi yang benar-benar hebat. Kenapa begitu? Mereka tahu Rabbit¬†Hole tidak punya banyak uang, gak kenal dengan saya juga sebelumnya, kemudian berhadapan dengan proyek yang belum tahu juga akan sukses atau tidak (karena selama ini belum ada pembanding). Dan tentu saja, mereka bisa dengan mudahnya menolak atau batal bekerjasama. Mundur. Tapi yang mereka lakukan sebaliknya. Mereka setuju¬† untuk bekerja bersama membuat Bella. Yeiyy ūüôā

Mungkin mereka punya keyakinan ini akan berhasil. Mungkin mereka punya passion dalam dunia anak.¬†Mungkin mereka juga punya misi yang sama,¬†ingin anak-anak Indonesia lebih maju dengan mencintai dunia baca. Atau mungkin mereka punya alasan-alasan lainnya. Entahlah. Saya tidak pernah bertanya lebih detail dan membahas tentang hal ini. Tapi satu¬†yakin, mereka orang terbaik yang ditakdirkan untuk crossing their path sama saya untuk membuat sesuatu yang baik. Dan yang paling pasti, mereka adalah tim¬†paling awesome yang pernah saya punya. Mereka mau merangkak dan membangun bersama-sama. Susah bersama untuk nantinya (harapannya) sukses bersama-sama pula. Saya jadi teringat dengan video Pocari Sweat. Saat tim peneliti dan tim marketing, mau bekerja bersama-sama. Berpikir keras. Memikirkan strategi paling baik. Untuk menghasilkan suatu produk dan memasarkan pocari sweat dengan sukses. Bahkan kepala tim marketing (yang mungkin kalau saya bayangkan ya,¬†kalau disini mah¬†ketua akan songong banget. Mana mau turun ke jalan) ini sangat berdedikasi. Selain memikirkan strategi marketing yang hebat. Mau turun ke jalan, berlari-lari, seperti sales pada¬†umumnya, dan menjajakan pocari sweat kemana-mana. Ah.. semoga saja tim aplikasi Rabbit Hole¬†seperti itu juga.Seperti sekarang sebenarnya sudah lebih dari cukup. Semoga kami bisa terus bertahan seperti ini ya ūüôā

Cerita selanjutnya, semuanya berjalan dengan lancar. Permodalan pun berjalan dengan baik. Investor (ya walaupun kecil-kecilan. hihi..) datang, dan kami pun dapat memproduksi Bella dengan lancar. Sangat lancar bahkan. Sampai akhirnya, ia pun bisa lahir di Bumi Appstore dengan sehat walafiat. Proses produksi pun berjalan dengan sangat baik. Persis seperti (dan bahkan melebihi) yang saya bayangkan di awal

Saat ini saya di tahap riang gembira. Media, yang diisukan hanya fokus memuat berita yang buruk-buruk, dan akhirnya bikin kita makin pesimis dan suram akan masa depan. Ternyata, mau kok memuat berita tentang ‘Bella dan Kelima Balon’. Terima kasih! Semoga semakin¬†banyak orang yang juga menularkan/tertular semangat membuat anak kembali mencintai dunia membaca.

Dan di titik ini, saya semakin yakin, bahwa keputusan untuk membuat ‘Bella dan Kelima Balon’ adalah keputusan yang sangat tepat. Seperti keyakinan yang (mungkin) sama kuatnya seperti yang dimiliki Akihiko Otsuka kala itu. Saya harap ini memang pertanda kami memang berada di jalan¬†yang benar. Insya Allah. Semoga. Hehe ūüôā

Tinggalkan Balasan

