Scoliosis

Penjahit saya bilang kalau saya scoliosis, yang ia ketahui saat mengukur ukuran tubuh saya, dan terlihat kalau ukuran punggung kanan dan kiri saya tidak sama. Beberapa teman saya ada juga yang didiagnosis seperti itu. Semuanya perempuan. Dan terapinya itu memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Katanya sih memang kebanyakan wanita sekarang itu memiliki scoliosis, yang disebabkan karena lebih banyak duduk di balik meja, dan jarangg banget bergerak. mudahan scoliosis saya tidak begitu parah dan tidak perlu terapi (tapi habis itu gak ke dokter, jadi gak tahu diagnosisnya :p).

Lalu kemarin saya ketemu dengan teman saya yang fisioterapis. Ia membenarkan kata-kata penjahit saya (hebat juga ya eiuy). Katanya scoliosis saya itu tipe C, yang artinya tidak perlu terapi atau memakai alat orto (nah benar kan feeling saya :p). Ia bisa langsung melihat dari bahu saya yang beda antara kiri dan kanan (setelah saya perhatikan, eh iya benar juga).

Lalu, iya memberikan beberapa tips untuk saya (yang mungkin bisa dicontoh juga bagi yang mengalami masalah yang sama) :

1) Teman saya bilang, salah satu penyebabnya adalah memakai tas yang berat sebelah. Saya memang selalu memakai tas di bahu kanan. Katanya, akibatnya bahu kanan saya naik Nah, jadi dia menyarankan untuk saya memakai tas di bahu kiri mulai saat ini. Dan bawannya juga tidak berat-berat. Memang sebenarnya yang bagus itu backpack pikir. Tas perempuan sekarang mah hanya mengajarkan keindahan, bukan keseimbangan. Tapi ya memang pada prinsipnya, beauty is pain, babe.

2) Bergelantungan di pintu selama 2 menit.

3)  Melakukan gerakan seperti di gambar bawah ini (kalau di yoga disebut sebagai Utthita Cakravakasana) Karena bahu kanan saya yang naik, maka yang naik adalah tangan dan kaki kiri. Itu dilakukan selama 1 menit.

imagesJY8K6X68

Kira-kira seperti itu. Semoga membantu 🙂

Tinggalkan Balasan

