Forest Parade (Kids Yoga)

Halo 🙂

Jumpa lagi dengan Kids Yoga. Seperti biasa, Yoga dibuka dengan Kapalabathi lalu eye exercise. Dan selanjutnya masuk ke tema yoga kita : FOREST PARADE!!

Parade hutan dibuka dengan kembang api yang meriah! Ayo kita menjadi kembang api. Pertama ayo kita taruh kedua tangan di depan dada, tarik nafas, lalu goyangkan kedua tangan ke atas seperti genie in the bottle. Setelah itu tangan diturunkan ke bawah dengan membentuk bulatan seperti kembang api yang baru saja meletus, dan perlahan sambil buang nafas (bisa membayangkan tidak ya kira-kira seperti apa gerakannya. Hehe..). Lakukan beberapa kali.

Restorative-Yoga-Prayer-Hands

Parade setelah itu dibuka oleh auman si raja hutan (lakukan lion breath)

pLion

Semua binatang bersemangat! Mereka pun bergulung-gulung sambil meneriakkan ‘Rock & Roll’! (Lakukan beberapa kali. Gerakan seperti yang ada di gambar. Bisa juga kata ‘Rock & Roll‘ diganti dengan nama anak-anak yang mengikuti yoga, misalnya ‘Prabu & Bayu‘)

spinal_rock

Sekarang semua binatang menengok ke kanan dan kiri. Mencari benda yang dapat digunakan untuk menghias diri saat parade nanti. Entah itu daun, ranting, atau lainnya (lakukan gerakan seperti di bawah ini beberapa kali).

Yoga-for-Small-Spaces-Washing-Machine-1

Setelah itu, semua binatang pun berdandan. Memasang segala macam pernak-pernik ke tubuh mereka (Lakukan telephone pose beberapa kali. Seperti gambar di bawah ini, tapi ketika kaki kiri ke kuping kiri, kaki kanannya bersila. begitu juga sebaliknya)

mc_232_opener_sized

Setelah semua sudah siap. Pawai dibuka dengan tarian dari kupu-kupu yang cantik.

Ini ada lagunya. Ketika lirik ‘Fly like butterfly‘ posenya kakinya goyang-goyang ke atas dan ke bawah, seperti ini :

sittingyoga

Selanjutnya, saat lirik ‘sleep like a butterfly’ seperti ini :

HP_203_01

Dan saat lirik ‘stretch like a butterfly‘ seperti ini (tapi stretch-nya bukan lurus, melainkan kaki kiri ke kiri atas, begitu juga kaki kanan.Lakukan perlahan ya.) :

Boat-Pose-Variations-Year-of-Yoga-Grow-Soul-Beautiful-2

Dalam parade, si kucing mengecat badannya seperti sapi! (lakukan beberapa kali seperti yang ada di gambar ini)

cat-and-cow-pose-for-digestion

Ada juga binatang kecil yang ingin berubah menjadi binatang buas (mulai dari pose baby pose, lalu tiba-tiba maju ke depan dengan kedua tangan juga lurus ke depan sambil mengatakan ‘rawwrr‘. Lakukan beberapa kali).

HP_220_Balasana_248

Sekarang coba lihat sekeliling kembali! Udara cerah dan sempurna sekali untuk parade kali ini. Kita berterimakasih yuk pada matahari dengan menyanyikan ‘Mr. Sun‘. Dengan menyanyikan lagu :

Oh mr. sun, sun, mr. golden sun. Please shine down on me’. (Saat menyanyikan lagu posenya adalah berdiri, lutut kanan di angkat kemudian tangan kanan gerakannya seperti ‘yes’ mendekati lutut. Begitu juga dengan sisi sebelah kiri. Ulangi sampai lirik selesai).

Oh mr. sun, sun, mr. golden sun. Hiding behind a tree’ (lakukan tree pose. Nanti lagu diulang dua kali. Ketika lagu kedua, tree pose lakukan pada sisi kaki yang sebaliknya).

20140111-180503.jpgthese little children are asking you. To please come out so we can play with you’ (lakukan chair pose beberapa kali).

chair-pose1-step3

Setelah itu, monyet pun melakukan tarian terbaiknya! (mulai dari mountain pose, kemudian tangan bergoyang-goyang, setelah itu kedua tangan swing ke kanan dan kiri sambil mengatakan ‘uu aaa’ (suara monyet), lalu kedua tangan ke atas seperti berpegangan di pohon, lalu lakukan gerakan memutar ke kanan lalu ke kiri).

121201-vic-blog-yoga-tadasana

Kemudian tibalah acara untuk memilih kostum paling terbaik yang akan dinobatkan menjadi ratu kecantikan. Dan Flamingolah pemenangnya! (Flamingo pose. Saat melakukan gerakan ini, tangan digoyang-goyangkan seperti menggepakkan sayap ya)

flamingo-pose-link-236x300

Semuanya senang dengan parade hutan ini. Mereka pun berlarian kesana kemari, seperti pesawat. (plane pose)

airplane-pose

Tapi ternyata ada juga yang tidak. Ia bahkan mengamuk. Si keledai (donkey kick pose).

1012-donkey-kick1Untuk mengatasi si keledai, ular pun memberikan minuman ajaib agar si keledai tenang yang terbuat dari bias ajaibnya (cobra pose).

Image

Nah..sekarang coba lihat. Bunga sudah ditabuur. Tandanya puncak parade akan dimulai! Ayo kita menjadi bunga (bow pose).

bow-pose

Para binatang hutan pun segera pergi menuju tengah hutan untuk merayakan puncak pesta. Ada yang jalannya pelan seperti siput, cepat seperti kancil, dan lambat seperti beruang. Ayo sebutkan hewan lainnya lagi sambil kita tirukan kecepatan jalannya (bicycle pose).

BJ6H27VCEAAgN5k

Terakhir, semua binatang hutan meniupkan lilin raksasa tanda parade sudah berakhir. Ayo kita menjadi lilin (candle pose)

20131029-234307.jpg

Selesai deh parade hutan kali ini. Ayo kita berbaring, lakukan savasana. Setelah sudah selesai bangun perlahan, dan lakukan nostril breath.

Sekarang kita akhiri yoganya dengan membaca buku berjudul ‘Martha & Skits‘.

Sudah selesai deh yoganya. Terima kasih ya. Sampai jumpa lagi di Kids Yoga berikutnya hari Sabtu jam 08.30 di Rimba Baca 😀

 


 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s