Kelas Inspirasi

Kali ini saya mau cerita tentang : Kelas Inspirasi!

Jadi kelas inspirasi ini tempat para professional terjun selama 1 hari ke sekolah-sekolah untuk kasih tahu segala macam tentang kerjaan mereka, yang harapannya dapat menginspirasi adik-adik ini untuk memiliki cita-cita yang sesuai di masa yang akan datang nanti. Udah agak basi sih, saya ikutan April tahun kemarin. Tapi lupa ditulis :p

Nah, jadi waktu itu tiba-tiba beberapa orang di twitter ngomongin tentang Kelas Inspirasi. Saya lihat dan ternyata pendaftarannya sudah mau berakhir tuh. Saya daftar. Terus tidak berapa lama diberitahu kalau saya lolos (saya kira semua lolos karena kok kayaknya prosedurnya gampang banget, ternyata gak gitu juga). Disitulah saya memulai kebingungan. Gimana caranya menerangkan profesi psikolog anak ya. Saya pun googling dan ketemulah Kak Wen, psikolog anak yang pernah ikut Kelas Inspirasi juga. Ngobrol-ngobrol, dan akhirnya jadilah lesson plan saya di H-1 :p (psikolog anak yang mau nyontek, boleh lho 🙂 ) :

Pertama-tama, saya mengajak anak-anak bermain ‘Simon says‘, yaitu permainan yang aturannya kalau saya sebut ‘Simon berkata pegang hidung‘ maka anak-anak harus pegang hidung, tapi kalau saya hanya bilang ‘pegang hidung‘ maka tidak usah dilakukan. Jadi kata kuncinya adalah harus ada kata ‘Simon berkata‘ di depannya.

Nah, setelah beberapa kali bermain, terakhir saya akan bilang ‘Simon berkata berdiri membentuk duduk di lingkaran‘. Terus setelah sudah membentuk lingkaran, duduk deh.

Setelah sudah duduk melingkar, buat peraturan ‘kalau yang satu ngomong, yang lain dengarkan. Kalau yang lain mau ngomong, tunjuk tangan terlebih dahulu‘. Setelah sudah, saatnya membacakan buku yang berkaitan dengan cita-cita. Saya membacakan buku berjudul ‘Kevin and Co.‘ Menceritakan tentang Kevin yang merasa tidak becus melakukan apapun. Sampai ia bertemu dengan sahabatnya, yaitu beruang, monyet, dan berang-berang. Ia tiba-tiba mencertuskan ide dan mewujudkannya bersama 3 sahabatnya ini. Tanpa disangka, ide tersebut membawa mereka ke kesuksesan dan juga membuat Kevin bekerja sesuai dengan bakat dan minatnya.

Setelah sudah membacakan cerita, saya mengambil bola dan melemparkannya ke salah satu anak. Anak yang menangkap harus mengatakan nama dan cita-cita mereka, lalu melempar ke anak lain, dst.

Setelah itu, menanyakan kepada mereka, apakah mereka tahu cita-cita yang sekarang sudah menjadi pekerjaan saya? Saya pun menceritakan tentang pekerjaan sebagai psikolog anak itu yang dilakukan apa saja, dapat bekerja di mana saja, dan bagaimana cara mendapatkan pekerjaan ini. Mengejutkan, tidak ada satu pun anak yang tahu atau pernah mendengar tentang psikolog anak (bahkan ada yang mengira psikolog anak sama dengan baby siter -_-). Namun setelah saya terangkan, beberapa bahkan ada yang memutar haluan cita-citanya, dan ingin menjadi psikolog anak (jadi terharu:p).

Setelah itu saya kembali membacakan cerita, namun kali ini peraturannya adalah anak harus memperagakan setiap gerakan di dalam cerita yang saya minta. Ceritanya adalah : tentang perjalanan menjadi ksatria. Maka kita harus naik pesawat (pose pesawat). Lalu kita sudah tiba di hutan! Ada banyak pepohonan (pose pohon). Kita berjalan dan menemukan kapal lalu naik kapal (pose kapal), dan kita sudah hampir jadi ksatria, ketika tiba-tiba ada hujan (tiup bola-bola kecil), dan sampailah kita menjadi ksatria (pose ksatria).

Lalu setelah itu, saya tanyakan perasaan mereka. Lalu saya bilang bahwa itulah salah satu bagian dari pekerjaan saya. Mengajak anak bermain dengan menyenangkan, tapi yang memiliki banyak manfaat untuk mereka, seperti konsentrasi, motorik, dst.

(Seharusnya ada penutupan dengan kegiatan ini, tapi ternyata waktunya sudah habis, jadi saya tidak melakukannya) Penutupannya adalah anak membentuk dua baris berhadap-hadapan. Masing-masing anak bergantian berjalan di tengah . Anak-anak yang berada di sisi kiri dan kanan anak yang berjalan di tengah harus mengatakan hal yang baik tentang anak ini.

Selesai deh 🙂

Eh, ada yang lupa. Setelah itu anak-anak diminta untuk menulis cita-cita mereka di post-it, dikumpulkan, lalu diikat di 100 balon yang sudah kami siapkan. Lalu siap deh diterbangkan ke angkasa 🙂

Ini video yang dibuat oleh Mas Pikar : http://vimeo.com/68860129

Ini dokumentasi foto lengkap oleh Chris : https://www.dropbox.com/sh/72nzh7vpnsndkk6/tSUXi7ByGr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s