Neuroplasticity

Neuroplasticity. Yaitu kemampuan neuron-neuron dalam otak kita untuk membentuk memori baru, jika kita terus menerus menjejalkannya dengan informasi baru. Seperti plastik, fleksibel. Walaupun syaratnya, membutuhkan waktu yang lama dan harus konsisten. Gak bisa tuh sekarang memorinya A, besoknya B, ya baik memori A maupun B gak akan terekam dengan baik. A ya harus A terus.

Itu kali ya, mengapa orang-orang menilai orang lain sebagai ‘iiih..kamu sekarang berubah ya’. Karena kadang.. kita membuat memori-memori baru tanpa kita sadari, yang akhirnya membuat kita menjadi orang yang baru, a totally different person, tanpa mungkin kita sadari.

Misalnya, pekerjaan saya (yang saya bilang lebih kayak main-main itu). Sehari-hari ketemu dengan anak-anak, main-main, atau ngobrol dengan orang tua. Ya..kayak bocah kecil main-main aja. Dan sekarang kalau ketemu orang, tanggapannya gak jauh-jauh dari ‘sekarang ceria ya’, ‘muka lo jadi awet muda’, dan semacam itu. Tanpa saya sadari, pekerjaan saya mengubah saya, in good way.

Yang saya ingat lagi adalah tentang salah satu ilustrator saya. Pertama kali saya lihat portfolionya, saya langsung suka. Tapi ada kesan gloomy banget, gelap, dan auranya gak enak aja (dasar psikolog ya, nganalisis aja). Waktu ketemu dengan orangnya juga ada kesan gloomy gitu somehow (haha..ngomongin orang). Tapi seiring dengan saya ‘memaksa’ untuk menggunakan warna-warna yang colorful, gambarnya menjadi lucuu banget, dan auranya berbeda 180 derajat. Waktu lihat orangnya sekarang pun juga jadi beda banget deh. Hehe lucu ya. Btw benar juga ya jadinya kalau art is therapeutic.

Kemudian jadi terpikir dengan orang-orang yang kerja di dunia yang gelap dan kotor. Mau awalnya bilang gak akan kepengaruh, toh pada akhirnya perilakunya pun akan mengikuti orang-orang disekitar. Karena, ya mau bagaimanapun kerasnya kita berusaha, our brain adapt very well. Jadi sedih 😦

Tinggalkan Balasan

