❤ & Rabbit Hole

Mewujudkan passion saya, berarti harus belajar hal-hal baru yang tidak pernah saya tahu, bahkan tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Ya.. sebelum saya membangun Rabbit Hole, mana saya tahu kalau nantinya saya akan belajar tentang keuangan, tentang ilustrasi, percetakan, jingle, dll. Tapi itulah bagian yang menegangkan dan menyenangkan saya rasa. 

Yang paling inti (dan mendasar), tentu adalah belajar bisnis. Belajar untuk bernegosiasi, menganalisis, dan mencari celah, untuk tetap teguh pada prinsip ekonomi “mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya“. Walaupun saya tahu dan paham betul prinsip itu, entah mengapa, saya tidak (atau mungkin belum) bisa untuk menerapkan itu sepenuhnya. Jika saya dihadapkan pada situasi yang menuntut saya untuk mendapatkan keuntungan yang besar atau sebaliknya, tak jarang saya justru memilih pilihan kedua.

Saya sering kali melakukan refleksi diri pada pilihan-pilihan hidup yang saya ambil. Termasuk dalam pilihan yang berkaitan dengan Rabbit Hole. Sampai akhirnya saya sampai pada kesimpulan, bahwa saya lebih condong pada prinsip/tujuan “untuk membuat konsumen / orang lain mencintai Rabbit Hole“. Pencapaian tertinggi bagi saya bukanlah dalam bentuk ‘berapa profit yang dihasilkan Rabbit Hole dalam sebulan’ namun lebih kepada ‘mendengar orang yang yang tanpa diminta membicarakan atau memuji tentang Rabbit Hole’ atau ‘mendengar orang yang tanpa diminta menyarankan pada orang lain untuk melihat produk Rabbit Hole’. Itu adalah yang terpenting untuk saya, untuk membuat orang lain mencintai Rabbit Hole, seperti saya juga mencintai Rabbit Hole. Saya percaya, cinta adalah hal terkuat yang akhirnya akan membuat sebuah bisnis sukses. Saya tentu tidak menampik, bahwa saya ingin mendapatkan profit dari bisnis ini. Namun saya percaya, ketika banyak orang mencintai Rabbit Hole, akan ada banyak keuntungan yang datang ke Rabbit Hole, dan terus menopang bahkan meninggikan Rabbit Hole, bahkan dengan cara-cara yang bahkan tidak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Tidak hanya pada orang lain, tapi saya juga berusaha untuk membuat orang-orang yang bekerja pada Rabbit Hole, juga mencintai Rabbit Hole. Karena saya percaya, setiap produk yang dibuat dengan cinta akan stunning dan memiliki aura tersendiri. Membuat orang lain akan menoleh tanpa perlu dipanggil. And love will attract love.   

PS : Mungkin tanpa disadari pada akhirnya saya tetap mengacu pada prinsip ekonomi, namun keuntungan di dalam definisi saya adalah ‘dalam bentuk cinta‘. Keuntungan yang tidak mesti dalam bentuk uang. Hmm..mungkin.   

 

Tinggalkan Balasan

