Training Yoga D4

shutterstock_38842114-227x300

Ini adalah training yang paling saya tunggu-tunggu karena.. ya training untuk anak berkebutuhan khusus (ABK), atau yang disebut oeh Fezia, differently abled children.

Kami belajar tentang bagaimana melakukan pendekatan one on one untuk melakukan yoga pada ABK. Seperti biasa, kami juga mencoba bagaimana melakukan yoga untuk ABK. Agak deg-degan juga ya, takut salah, tapi seru juga. Misalnya, untuk anak CP, kita bantu mereka dengan melakukan massage dengan bola pilates, terus juga memberikan nafas (dengan memberikan breath of fire dari belakang). Begitulah seru pokoknya. Eh ya, ada videonya Fezia yang lagi melakukan yoga pada ABK, mungkin bisa langsung lihat aja ya, daripada gak ngerti apa yang saya omongin. Haha.. Bisa dilihat disini, disini, atau disini.

Disini saya juga baru tahu dan benar-benar diingatkan bahwa penting sekali untuk melakukan observasi pada pernafasan anak-anak ini. Terus kami diminta untuk merasakan bagaimana kalau nafasnya cepat-cepat atau terlalu lambat gitu, pastinya jadi gak enak kan melakukan hal-hal lain. Atau anak-anak ada masalah dengan air liur yang terus menetes, atau dalam masalah menelan, tekanan darah yang tidak teratur, dll. Nah, dengan yoga ini dibantu untuk diperbaiki.

Setelah break, kami melihat bagaimana Fezia (dibantu dengan mbak Tina) melakukan sesi dengan ABK. Anak yang pertama saya lupa keluhannya apa, namun anak kedua adalah anak dengan CP. Seru deh pokoknya. Saya kurang bisa mendeskripsikan banyak, tapi lihat saja dari video yang tadi saya sudah berikan di atas. Lengkaplah itu pokoknya *bilang aja males nulis ya* :p

Intinya selama 4 hari ini saya sangatt puas dan merasa tujuan saya tercapai dalam mengikuti yoga kids. Semoga pengetahuan saya nantinya bisa berguna untuk membantu anak-anak, baik anak dengan kebutuhan khusus atau anak pada umumnya. Hihi.. *mendadak formal gini*.

Kalau yang mau tanya-tanya seputar yoga untuk anak yang belum tercantum disini boleh loh. Atau tanya ke yang lebih expert juga bisa, yaitu langsung ke Kids Yoga Jakarta hihi Namaste 😀

20130527-080105.jpg

20130527-080134.jpg

Tinggalkan Balasan

