Training Yoga D1

20130515-123914.jpg

Seperti yang mungkin pembaca setia blog ini *cailah kayak ada aja* ketahui.. saya tidak suka (dan juga tidak bisa) olahraga. Satu-satunya olahraga yang bisa membuat saya secara konstan menekuninya ya.. hanya yoga.

Nah, oleh karena itu ketika ada pelatihan untuk menjadi guru yoga untuk anak-anak, tentu saja saya langsung tertarik. Dimana lagi saya dapat menemukan tempat dimana kedua hal yang saya sukai digabung menjadi satu?

Saya pun langsung mengajak Andria, dan untungnya gayung bersambut. Ia sangat tertarik. Kami pun mencari 1 orang lagi agar mendapat diskon 15% :p Untungnya ada kenalannya Andria yang juga tertarik.

Saya mengambil pelatihan selama 4 hari, yaitu level 1, 2, 3, dan adaptive (untuk ABK) dengan jadwal yang sangat padat, dari jam 8 sampai 17.30. Pesertanya saat itu berjumlah 8 orang (enak kelas kecil jadi bisa lebih intensif. Hehe..)

Pengajar kami bernama Fezia, dan dia super super jago dalam mentransfer ilmu serta memberikan energi positif ke kami (seenggaknya itu yang saya rasakan). Di hari pertama kami diingatkan tentang arti dari yoga itu sendiri, yang berarti the union of body (postures) and mind (inner focus). Sesederhana itu, tapi maknannya dalam, dan pada akhirnya itulah yang akhirnya essensial kita butuhkan, bukan? Setelah saya mengikuti yoga, itulah yang saya rasakan, badan menjadi lebih enteng dan pikiran menjadi lebih jernih. Baik tubuh maupun pikiran saya sama-sama mendapatkan energi positif. Sesimpel itu, tapi itu yang membuatnya menagih.

Kami belajar berbagai variasi gerakan yang dapat diaplikasikan dalam yoga untuk anak. Tidak seperti bikram yoga yang gerakannya hanya 26 saja, gerakan dalam kids yoga (yang asalnya dari kundalini yoga) ini bisa bermacam-macam, dan kita bisa pilih sesuai karakteristik anak yang kita ajar dan tentu kemampuan kita sendiri. Namun gerakan itu ada pakemnya yang harus dipenuhi. Misalnya harus ada gerakan pernafasan, nah gerakan pernafasannya seperti apa itu yang terserah kita.

Dalam mengajar yoga pada anak pun, harus ada aturan yang jelas. Dimulai dari pembukaan dan penutup yang jelas. Oleh karena itu pembukaan dan penutupannya gak bervariasi, hanya itu saja, biar anak aware bahwa sekarang udah saatnya mulai atau sekarang saatnya udah mau berakhir.

Nah.. gerakan dalam kids yoga itu adalah :

Dimulai dari menggosok-gosokkan tangan, lalu mengucapkan mantra yang berisi ‘Ong Namo Guru Dev Namo yang artinya adalah I greet the wise teacher within me and outside of me. Sambil kita mengucapkan mantra itu, sambil menarik nafas dan melepaskannya. Kata Fezia, gerakan ini bagus untuk mengaktifkan neuron-neuron yang ada saat kita melafalkan mantra,

Setelah itu dilanjutkan dengan pernafasan, yang dapat berupa apapun. Bisa pura-pura seperti membuat balon, menirukan kelinci, tikus, dll. Intinya adalah anak belajar menahan dan mengeluarkan nafas.

Dilanjutkan dengan gerakan inti, yang banyak sekali variasinya. Misalnya, gerakan menekuk tubuh ke depan, postur posisi duduk, postur posisi berdiri, dll. Gerakan ini juga ada yang dapat dilakukan individu, berdua (dengan partner), dan berkelompok. Saat melakukan gerakan inti, bisa dibungkus dengan cerita, misalnya cerita tentang guung yang besar, terus kita minta anak untuk menjadi gunung (gerakan menekuk tubuh ke depan). Saat gerakan inti juga, bisa sambil diselipkan lagu dan permainan. Intinya, karena bebas, jadi benar-benar harus sekreatif kita bagaimana mengemasnya agar anak merasa senang tapi juga sambil melakukan yoga.

Dilanjutkan dengan relaksasi (ini juga macamnya bisa apapun, bisa duduk diam aja, atau tiduran aja, atau pakai pose matahari, dll), kemudian meditasi (bisa diceritakan dan diminta membayangkan pantai, atau hal lainnya), dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Long Time Sun

Serulah pokoknya. Intinya di hari pertama ini kami diajarkan tentang urutan di dalam kids yoga (yang ada di atas itu), dan diajarkan berbagai macam variasi gerakan, lagu, atau permainan yang dapat dilakukan selama melakukan kidsyoga.

Buat bayi-bayi juga bisa loh. Misalnya ibu-ibunya memijat bayinya sampai diregangkan bagian tubuhnya secara perlahan-lahan gitu. Lucu deh. Karena sebagian besar tubuh kita adalah kulit, jadi dengan si ibu (bapak juga bisa sih) memijat (tapi perlahan ya) seluruh tubuh dari bayi, ia jadi sadar akan semua bagian tubuhnya. Dengan diregangkan tubunya saat membuka pernafasan, juga seperti ada pesen untuk ‘tidak apa-apa untuk terbuka’ (ok feeling, open heart).

Di sela-sela yoga, kami disuguhi dengan makanan vegetarian yang.. enak banget dan penyajiannya yang mewah banget (sampai sering lupa kalau itu isinya sayuran semua). Kokinya oke banget deh. Yang aku penasaran itu, dia katanya bisa bikin ayam yang direbus pakai minyak (iya..minyak! Bukan air). Kebayang gak tuh? Kalau mau bisa pesan ke Pak Cik di 08158972910 (semoga mas Arisnya baca, biar aku bisa dikasih diskon *promosi tapi pamrih*).
Oke fokus kita kembali ke yoga yaa. Jadi banyak sekali info yang didapat dan banyak sekali ‘AHA moment’ untuk saya. Terutama untuk gerakan-gerakan yoga yang beberapa sangat bisa dipraktekkan untuk klien-klien saya. Misalnya banyak sekali gerakan-gerakan yang bermanfaat untuk mempersiapkan anak masuk sekolah, seperti gerakan untuk melatih fokus, keseimbangan, atau mempersiapkan tangan anak saat menulis. Bisa juga untuk klien yang panik saat menghadapi ujian, ada teknik pernafasan di yoga dapat menjadi sarana penenangan anak (dan mirip dengan EMDR *teknik intervensi psikologi*), misalnya teknik meniup-niup bulu. Di hari pertama itu aku juga menyadari bahwa kids yoga ini secara keseluruhan mirip dengan salah satu intervensi psikologi yang saya sukai banget, yaitu theraplay. Okei, ini mungkin pertanda bahwa langkah saya mengikuti pelatihan ini memang langkah yang tepat. Hehe.. Sampai jumpa di pertemuan kedua 😀

20130515-124030.jpg

PS : semua foto yang ada disini berasal dari Kids Yoga Jakarta / Tina Maladi *yaiyalah.. mana bisa gw foto-foto yak* :p

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s