Unmatching

Eqctv

Saya menatap KTP dan memandangi kolom agama. Tidak ada yang luar biasa, mungkin. Namun semakin dipikir semakin tidak relevan kolom tersebut ada disitu. KTP semestinya (menurut saya) : 1) memuat fakta-fakta yang relevan dan memudahkan seseorang dikenali identitasnya dan 2) memberikan perlakuan yang berbeda berdasarkan informasi yang tercantum.

Seperti pencantuman alamat digunakan untuk memudahkan pengiriman surat-surat. Pencantuman jenis kelamin untuk mengetahui adanya kemungkinan cuti melahirkan, misalnya. Lalu..untuk apakah adanya pencantuman agama? Apakah identitas seseorang akan lebih mudah dikenali jika kita tahu agamanya? Apakah kita akan memberikan perlakuan yang berbeda pada orang berdasarkan agamanya?

Lebih jauh lagi, agama bukanlah sebuah fakta, namun data yang bisa diinterpretasi lebih jauh dari hanya sekedar islam, kristen, budha, atau hindu. Seperti misalnya, ada orang islam dan menganut kejawen, ada orang yang masih belum memutuskan agamanya apa, atau yang lainnya. Intinya adalah kita tidak benar-benar tahu agama seseorang jika kita hanya baru kenal 5 menit dengannya. Agama seseorang diketahui melalui jalinan hubungan yang dalam. Seperti layaknya kita tahu kriteria pasangan idaman seperti apa yang diinginkan oleh teman kita. Agama adalah ruang privat yang hanya dapat diintip dan disinggahi oleh orang-orang yang kita percaya untuk masuk ke dalamnya.

Keheranan yang membuat saya teringat akan keheranan lain, tentang hal lain yang berkebalikan dengan pencantuman agama di KTP, yaitu pencantuman gelar di undangan pernikahan. Apa relevannya fakta tersebut dengan pernikahan? Lalu kenapa jenis fakta tersebut yang terpilih terselip di jenis berita seperti pernikahan?

Mungkin ini tidak penting, tapi saya seringkali memikirkan hal-hal aneh yang terpasang pada tempat-tempat yang semestinya. a

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s