Re-use paper

Parkir di mall dikasih kertas parkir, jalan di jalan tol dikasih kertas tanda masuk tol, ke rumah makan dikasih kertas perincian pembayaran. Sebagai manusia yang hidup di kota metropolitan, kemanapun melangkah, kita akan disuguhi kertas-kertas penanda kita pernah mengunjungi berbagai tempat. Terus kertas itu biasanya diapakan? Ya.. dibuang dong ke tong sampah! Jawaban itu tentu tidak salah, ya daripada dibuang di sembarang tempat. Namun, lebih baik lagi jika kertas-kertas itu dapat dimanfaatkan kembali. Kalau saya biasanya mengumpulkan kertas-kertas itu dan menaruhnya di kedai daur ulangnya Pak Salam. Lalu saat beberes kamar beberapa hari yang lalu, saya berpikir, sebelum saya taruh ke kedai daur ulang, ada baiknya kertas-kertas ini dimanfaatkan dulu. Misalnya dibuat jadi post-it gitu (terutama untuk orang-orang yang gak teratur dan pelupa macam saya) Begini caranya. Pertama-tama, siapkan dulu peralatan di bawah ini :

photo 3

itu gak mesti styrofoam ya, bisa langsung dinding kamar, atau dinding dilapisin kertas kado yang sudah tidak terpakai. Saya kebetulan pakai styrofoam karena ada sisa setelah intervensi dengan klien. Kemudian saya pilih glut-ex karena bisa dipakai berkali-kali, tidak seperti double tape misalnya.

photo 1

lalu tempel glut-ex di belakang styrofoam (kalau bisa pilih glut-ex yang paling kuat, ada jenis-jenisnya, yang paling kuat bisa menahan beban sampai 3 kg)

photo 2

Terakhir, tempelkan kertas bekas deh. Dan Voila, jadi deh. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

