Terjun bebas

Aku : Kamu tahu tidak, semua yang indah-indah ini, dekapan, jalinan tangan, atau bahkan hanya diam berdampingan, bisa berubah menjadi sakit dan perih. Sekarang kalau kamu mengingat-ingat ini semua, bisa saja dapat terus-menerus membuat kamu mengulum senyum, hingga kamu ingin membuat kenangan-kenangan baru yang serupa, yang terus menguatkan senyumanmu. Lalu akan tiba saatnya, kenangan yang sama persis, membuat air matamu terus mengalir, betapapun kamu ingin menghentikannya, namun tidak pernah bisa. Jadi, mengapa pula kita buat kenangan-kenangan yang nantinya, kita tahu, akan melukai hati satu sama lain?

Dia : Kamu pasti tahu kalau nol ditambah nol itu kan sama dengan nol. Begitu juga dengan plus ditambah minus, hasilnya akan sama dengan nol. Dengan kamu berdiam diri dan tidak berani mengambil resiko maka sama saja nol, dan hasilnya akan nol, tidak ada sakit hati, tapi juga tidak ada kebahagian yang bisa kamu icip jika saja kamu mau bergeser sedikit saja dari titik nol. Namun, kalau kamu bersedia mengambil resiko untuk jatuh cinta, ya, memang ada resiko bahwa kamu akan sengsara dan menderita, lebih parah malah dibandingkan dengan kalau kamu tidak melakukan tindakan apa-apa. Tapi ingat, plus yaitu kebahagian yang kamu rasakan, ditambah dengan minus yaitu kesedihan saat kamu patah hati, kalau digabung akan sama-sama menjadi nol. Sama hasilnya dengan saat kamu menghindar dan tidak berani keluar dari titik nol kamu. Tapi bedanya, kamu kaya akan pengalaman, kamu pernah mencicipi plus dan juga minus, tidak hanya nol melulu. Bahkan kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan hasil plus yang lebih besar dibandingkan minus yang kamu rasakan. Jadi kenapa masih takut?

Dia, yang mengajarkanku perlahan, untuk terjun bebas, walaupun sampai saat ini, aku masih siaga untuk menekan tombol pembuka parasut. Siapa tahu aku membutuhkannya, untuk berjaga-jaga agar jatuhnya tidak begitu menyakitkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s