Middle class

Middle class atau masyarakat kelas menengah, menjadi sesuatu yang terlihat memiliki nilai plus tersendiri. Ya memang, beruntunglah mereka yang menjadi masyarakat kelas menengah. Serba tengah, sehingga segalanya pun menjadi pas. Tidak perlu menjadi masyarakat kelas bawah, yang mau tidak mau, pikirannya memang didominasi dengan urusan perut. Jika ada masyarakat kelas bawah yang memikirkan pendidikan dan sukses pula, tentu merupakan orang yang sangat hebat. Ia dapat lompat memenuhi kebutuhan intelektualitas, walaupun ia belum memenuhi kebutuhan dasarnya. Om Maslow pun akan gigit jari melihat orang-orang ini, yang tidak bergerak sesuai teori hirarki kebutuhan yang ia buat.

Mereka pun bukanlah orang-orang golongan atas, golongan yang memiliki segalanya dengan berlebihan. Golongan yang dipandang sebagai segelintir orang yang membuang-buang miliknya yang berlebih. Golongan yang,jika pun mereka sukses dan memiliki segala hal positif di dunia, tidak mendapatkan kekaguman yang berlebihan. Karena bukankah seperti itu seting Tuhan untuk mereka?

Sebaliknya, masyarakat kelas menengah, menjadi masyarakat yang sangat hidup. Ia dapat bekerja sangat keras untuk setidaknya berada di ambang batas para orang-orang elite berkumpul. Mereka dapat bergaul dengan orang-orang di kedua golongan, tanpa benar-benar menjadi golongan tersebut. Mereka pun menjadi motor penggerak dan penghidup kehidupan. Tanpa mereka, drama kehidupan akan menjadi menjemukan dan membosankan. Karena mereka aktor yang senantiasa berimprovisasi, dengan harapan yang digantung setinggi langit untuk bisa menaiki dan menyamai golongan atas, dan tidak terjatuh ke golongan bawah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s