Apresiasi

Pada tahun 1964, seorang wanita bernama KG dibunuh dan diperkosa di depan apartemennya. Saat itu, ia menjerit dan sekitar 38 orang melihat atau setidaknya mendengar teriakan KG (yang dibuktikan dari lampu yang tiba-tiba dinyalakan saat KG menjerit). Namun, tidak ada satu orang pun yang menolong (atau setidaknya menelepon polisi). Dan tercetuslah mengenai apa yang dinamakan ‘ bystander apathy effect‘, yaitu orang kurang terdorong untuk menolong di situasi darurat saat ia melihat adanya keberadaan orang lain, dibandingkan saat ia sendiri.

Itu salah satu contoh apati. Sekarang pun (katanya) semakin banyak orang yang tidak peduli dengan satu sama lain. Tapi tidakkah kita sadar, bahwa banyak juga tumbuh dan berkembang orang-orang  yang memutar otak demi kepentingan orang lain. Buktinya, masih banyak organisasi atau kegiatan sosial yang dilakukan seseorang, tanpa digaji sekalipun. Dari segi kegiatan kreatif pun, tak jarang orang yang berbagi tulisan, foto, atau buah kreativitas lainnya secara cuma-cuma.

Tapi sayang, sering kali kegiatan tersebut tidak terdengar beritanya, karena tidak banyak orang yang tahu. Atau jika pun orang tahu, hanya sekedar tahu, mengagumi dalam hati, tanpa memberikan apresiasi. Jadi sekarang saya pun mulai membiasakan diri untuk berterimakasih, atau setidaknya mengapresiasi setiap karya indah dari orang-orang. Karena jika tidak uang atau tenaga yang bisa kita berikan untuk membalas budi baik mereka, tidakkah setidaknya tanda terimakasih cukup kita berikan agar mereka mengetahui bahwa ada bagian kecil dari dunia yang melihat dan menghargai hasil kerja keras mereka?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s