#WorldHijabDay

Hari ini adalah peringatan #WorldHijabDay, dan seperti yang saya duga dari kemarin, akan banyak tweet, status, ataupun tulisan mengenai hal tersebut. Tadinya saya tidak berencana untuk menulis postingan ini, toh saya tidak begitu menyukai selebrasi. Namun, ada beberapa hal yang cukup membuat saya risih dengan peringatan ini. Yaitu makna dari hari ini, yang seharusnya menjadi solidaritas saudara-saudara kita yang tidak memiliki kebebasan akan apa yang mereka yakini, menjadi ajang mengolok-ngolok para saudara kita yang berhijab gaul, modis, atau apalah sebutannya. Saya cukup sebal, dan akhirnya menuliskan tweet :

Karena saya berpikir, toh cadar bukan perintah agama, lalu kenapa tidak ada preaching atau kampanye mengenai orang-orang yang memakai cadar. Kenapa preaching hanya ditujukan bagi para jilbab-jilbab gaul tersebut? Lalu saya sadar, apa yang sudah saya lakukan, juga membuat saya seperti mereka. Saya secara tidak langsung, juga menjudge mereka yang memakai cadar, dan siapa saya yang bisa-bisanya melakukan hal tersebut, selayaknya saya adalah orang yang paling benar saja. Sehingga saya pun tidak meneruskan tweet tersebut *maafkan keimpulsifan saya*

Kembali ke #WorldHijabDay, saya melihat adanya niatan baik dari selebrasi hari ini, yang membuat orang-orang di seluruh dunia menjadi tahu mengenai Hijab. Namun sayang, maknanya menjadi bergeser, saat ada penyudutan (bahkan dengan menyebutkan azab yang diterima) baik pada muslimah yang berjilbab modis maupun yang belum berjilbab. Entah mengapa, seperti terlihat adanya arogansi dan kesan bahwa pendapat mereka adalah pendapat yang paling benar sendiri, padahal wallahualam, hanya Allah yang tahu. Saya sendiri lebih setuju dengan pendapat yang dikemukan oleh Fahd, bagaimana menurut Anda?

Akhir kata, terlepas dari makna apapun yang dipahami kognitif kita akan hari ini, selamat merayakan worldhijabday. Beruntunglah kita yang hidup di saat ini, sudah dapat memilih dan bahkan bangga mengenakan jilbab beserta identitas yang kita bawa, sebagai muslim 🙂

Tinggalkan Balasan

