Karena kita lupa..

Tahukah Anda? Kalau anak umur 2 tahun yang mengamuk, misalnya melempar barang, saat keinginannya tidak dituruti, merupakan hal yang normal dan bisa saja terjadi karena perkembangan bahasa mereka yang belum sempurna, sehingga seperti itulah cara yang mereka tahu untuk mengungkapkan keinginannya.

Atau tahukah Anda? Kalau seorang anak diam saat ada peristiwa yang menyakitkan untuk dia bukan berarti dia tidak bersedih. Sebagai gantinya, bisa saja mereka jadi kembali mengompol atau bertengkar dengan teman, untuk melampiaskan kesedihannya.

Atau tahukah Anda kalau anak-anak benar-benar percaya bahwa hujan adalah awan yang menangis?

Atau tahukah Anda, anak-anak mengganggap monster merupakan hal yang nyata dan menakutkan, sama mungkin seperti Anda yang mengalami ketakutan pada ketinggian?

Dan banyak hal lain yang unik dari anak yang mungkin tidak kita sadari. Saya pun, baru kembali diingatkan setelah mempelajari psikologi anak. Padahal, kita pernah ada di posisi mereka. Namun, sepertinya kita lupa bagaimana rasanya menjadi mereka. Bagaimana perasaan dan pikiran mereka.  Yang terkadang membuat kita naik darah dan tidak habis pikir dengan segala tingkah laku mereka.

Padahal ketika kita kecil, mungkin kita kesal, tentang bagaimana orang dewasa tidak mengerti apa yang ada di pikiran kita dan selalu menganggap kita sebagai anak kecil.

Namun sekarang, sebagian kita kembali mengulangi siklus itu.

Karena kita lupa..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s