Pergi ke toraja :D

Menyambung tulisan sebelumnya. Setelah Sunda, beralih ke Toraja, yaitu salah satu suku di Sulawesi Selatan. Kali ini ciri khas yang diperlihatkan adalah rumah adat, kuburan, dan tenun. Rumah adat Toraja bernama Tokonan. Atapnya terbuat dari daun nipa/daun kelapa dan bisa bertahan sampai puluhan tahun. Tokonan ini memiliki strata sesuai derajat kebangsaan masyarakat (strata emas, perunggu, besi, dan kuningan). Kesan yang tertangkap saat berada atau melihat Tokonan adalah seram, karena di sudut dalam tongkonan, ada jenazah yang menunggu acara pemakaman. Jenazah itu bisa berada berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, dan diletakkan di atas balai-balai setinggi pinggang.

Jenazah yang sudah dikubur diletakkan di Londa. Londa adalah kompleks kuburan yang terletak di dalam gua. Di bagian luar gua terlihat boneka-boneka kayu khas toraja, yang merupakan replica/miniature dari jasad yang dikubur di tempat itu. Tapi..miniatur ini hanya untuk bangsawan yang memiliki strata sosial tinggi, jadi warga biasa tidak mendapat kehormatan untuk dibuatkan patung. Kuburan ini berada di ketinggian bukit, pada sisi batu karang yang terjal. Di gua ini, peti-peti mayat diatur dan dikelompokkan berdasarkan garis keluarga. Hashfi cukup tertarik dengan kuburan Toraja ini, ia bahkan mengintip dari balik replika boneka kayu, untuk memastikan apakah ada jenazahnya atau tidak.  

Selanjutnya adalah tenunan Saqdan yang asli dari serat daun tanaman nanas, kemudian diberi warna (putih, kuning, merah, dan hitam), yang semuanya asi dari tanaman. Corak utamanya berupa garis-garis lurus berselang-seling antara 4 warna tersebut. Warna dan corak ini menggambarkan keselaran dan keharmonisan hidup masyarakat dengan alam sekitarnya.*

Selain itu yang tidak boleh ketinggalan adalah mainan dari Sulawesi (yang katanya juga ada di Sunda), yaitu tembak-tembak bau.

Seperti yang bisa dilihat di atas ya, ini semacam tembak-tembakan, tapi dalamnya bukan peluru, melainkan sepotong kertas basah yang dibentuk bundar. Yang menang permainan ini adalah yang bisa menjatuhkan botol dengan tembakan jitunya. Dalam permainan ini banyak yang bisa dipelajari seperti melatih motorik halus, melatih ketelitian, dan persistency (dari permainan yang tadi gitu-gitu aja ya yang dilatih, hehe..)

*keterangan di ambil dari papan keterangan yang ada di acara ini dengan modifikasi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s