Menjelajah Kalimantan!

Daerah terakhir yang kami kunjungi di kampoeng anak adalah Kalimantan. Dimulai dari rumah adat, yang dinamakan rumah panjang atau rumah batang. Rumah ini khususnya adalah rumah suku Dayak. Sesuai namanya, rumah ini bentuknya memanjang dengan panjang ± 50 meter! Hal tersebut karena yang tinggal di dalamnya pun memang terdiri dari banyak keluarga. Terdiri dari rentetan rumah-rumah pribadi (bilek atau lawang), yang bersambung jadi satu kesatuan, dan dibangun dengan konstruksi kayu belion yang kokoh. Sayangnya, saat ini rumah panjang sudah jarang ditemukan. Hanya beberapa bangunan saja yang bertahan dan masih berpenghuni.

Selanjutnya yang khas adalah alat tenun bukan mesin. Benang yang terpasang pada alat ini ada 2 jenis, yaitu benang lungsi (benang arah vertikal) dan benang pakan (benang arah horizontal)*

Untuk mainannya, Hashfi tidak sempat main, tetapi seperti ada mainan untuk memasukkan karet gelang ke pasak-pasak (dan tidak sempat difoto juga). Untuk mainan dari Jawa, Hashfi juga tidak sempat main, padahal ada becak-becakan, belajar membatik, dll.

Ajang seperti ini sangat bagus untuk membuat anak Indonesia mengenal kebudayaannya sendiri, yang mungkin banyak orang Indonesia pun lupa. Saya sendiri juga menjadi tersadar bahwa ada begitu banyak mainan dari Indonesia, yang untuk memainkannya pun hanya dibutuhkan alat yang sederhana. Dan bahkan ada beberapa yang mirip dengan permainan modern, seperti permainanan bola dari pelepah pisang (yang saya tidak tahu namanya) mirip seperti bermain bowling. Dengan berbagai permainan ini, anak pun dapat melatih berbagai kemampuannya, termasuk kemampuan bersosialisasinya dengan anak lain. Tidak hanya bermain games atau ke mall saja. Hehe.

*keterangan di ambil dari papan keterangan yang ada di acara ini dengan modifikasi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s